Senin 30 Nov 2015 04:38 WIB

Rencana Ini Buat Anda Bisa Pensiun Sebelum Usia 40 Tahun

Rep: C39/ Red: Nur Aini
Sebelum berusia 30 tahun, lakukan perencanaan keuangan yang matang hingga bisa memastikan pensiun dengan tenang.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Sebelum berusia 30 tahun, lakukan perencanaan keuangan yang matang hingga bisa memastikan pensiun dengan tenang.

Mengapa pensiun dini menjadi mimpi yang mustahil bagi banyak orang? Ini semata-mata karena mereka tidak mempunyai cukup rencana sejak dini.  Jadi, mulailah sejak saat ini. "Orang-orang tidak benar-benar mulai berpikir tentang pensiun sampai usia 40-an, semakin awal Anda memulai, semakin baik,” kata seorang penasihat keuangan, Helen Hogan.

Apa yang harus dilakukan setelah pensiun?

Bagi banyak pensiunan dini,  tentu tidak perlu lagi bekerja dengan keras. Namun, jangan lupa kepada keluarga. Jika Anda memiliki biaya pensiun yang lebih, pastikan untuk memberikan kepada keluarga. "Saya mengingatkan masyarakat bahwa cucu dan anak-anak akan mengambil banyak uang pensiunan, ” kata Hogan.

Apakah ini pilihan cerdas? Pastikan Anda siap

Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk pensiun? Apakah sudah siap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pekerjaan Anda?. Menurut Hogan, beberapa orang akan mengalami depresi setelah pensiun karena mereka akan merasa kehilangan kantor mereka. “Mereka benar-benar perlu untuk berpikir tentang apa yang akan mereka lakukan dengan waktu mereka,” kata Hogan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement