Kamis 24 Dec 2015 06:11 WIB

Panas Dingin Kabinet Kerja Jokowi-JK

Red: Ilham
Pelantikan menteri hasil reshuffle Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Pelantikan menteri hasil reshuffle Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8).

Ditulis oleh Redaktur Republika.co.id, Ilham Tirta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah satu tahun dua bulan Presiden Joko Widodo memimpin Republik Indonesia. Namun kegaduhan di antara para menteri, menteri dan bosnya masih terus terjadi. Terakhir kasus Menteri Perhubungan, Ignantius Jonan yang melarang ojek beraplikasi online beroperasi di Jabodetabek dan sekitarnya.

Menteri Jonan yang menerapkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan, ditentang oleh Presiden Jokowi tepat pada hari pertama aturan itu diberlakukan, Jumat (18/12). Tak tanggung-tanggung, sang presiden langsung menggelar konferensi pers untuk mencekal aturan itu. Menteri Jonan pun tak berkutik.

Kasus remeh-temeh seperti ojek online seharusnya bukanlah wilayah urgensi-nya seorang presiden, apalagi transportasi roda dua itu baru seumur jagung. Lagi pula, dalam kasus ini presiden Jokowi tidak berpolemik dengan lembaga tinggi negara lainnya, melainkan dengan seorang menteri Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla yang notabene adalah pembantu pemerintahannya.

Hal ini semakin memungkinkan tidak adanya kesatuan visi para pemangku kuasa atas nasib lebih dari 300 juta warga Indonesia. Di ujung tahun 2015 ini, saya ingin memberikan sebuah refleksi atas beberapa kegaduhan yang tak semestinya terjadi di gedung Bina Graha sepanjang 2015. Berikut catatannya:

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِۗ قُلْ فِيْهِمَآ اِثْمٌ كَبِيْرٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِۖ وَاِثْمُهُمَآ اَكْبَرُ مِنْ نَّفْعِهِمَاۗ وَيَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَا يُنْفِقُوْنَ ەۗ قُلِ الْعَفْوَۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمُ الْاٰيٰتِ لَعَلَّكُمْ تَتَفَكَّرُوْنَۙ
Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang khamar dan judi. Katakanlah, “Pada keduanya terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia. Tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.” Dan mereka menanyakan kepadamu (tentang) apa yang (harus) mereka infakkan. Katakanlah, “Kelebihan (dari apa yang diperlukan).” Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu memikirkan,

(QS. Al-Baqarah ayat 219)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement