Kamis 28 Jan 2016 10:09 WIB

Politikus PKS: Aktivis LGBT Belum Tuntas Baca Pasal HAM di UUD '45

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Bayu Hermawan
M Nasir Djamil.
Foto: ist
M Nasir Djamil.

REPUBLIKA.CO.ID, ‪JAKARTA -- Anggota Komisi III DPR RI dari FPKS Nasir Djamil menegaskan pernyataan yang menyebut LGBT tidak melanggar HAM berdasarkan pasal-pasal tentang HAM dalam UUD 1945 adalah pernyataan yang salah dan menyesatkan.‬

Menurutnya, sering kali bab tentang HAM dalam UUD 1945 hanya dibaca mulai dari pasal 28A sampai dengan pasal 28I, tapi sengaja atau lupa untuk membaca pasal 28J tentang HAM.

"Padahal, pasal 28J ini tegas bahwa setiap orang wajib menghormati HAM orang lain, dapat dibatasi dengan undang-undang sesuai pertimbangan moral, agama, keamanan, dan ketertiban," katanya, Kamis (28/1).

‪Jadi, Nasir menerangkan, banyak penggiat HAM di Indonesia ini seolah sengaja melupakan pasal 28J ini. Padahal, pasal 28J ini adalah kunci ketika bangsa Indonesia menghormati HAM.

Ia menegaskan, kebebasan HAM di Indonesia bukanlah sebebas-bebasnya, melainkan dibatasi oleh kewajiban asasi manusia (pasal 28J).‬ Nasir pun meminta semua pihak untuk melihat sejarah dimasukkannya pasal-pasal HAM dalam UUD 1945, dimulai dari TAP MPR No 17 Tahun 1998.

Disitu menyatakan bahwa pandangan bangsa Indonesia tentang HAM adalah adanya penegasan kewajiban asasi manusia bagian yang melekat bagi diri manusia disamping HAM itu sendiri.

Nasir melanjutkan, jadi kewajiban asasi manusia adalah kewajiban untuk menghormati HAM orang lain.‬ Berangkat dari lahirnya TAP ini, diterbitkannyalah UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM.

Dalam UU ini dinyatakan beberapa hal yang substansinya senapas dengan TAP No 17 Tahun 1998 tersebut. Akhirnya, pasal-pasal tersebut dimasukkan dalam satu bab tersendiri dalam konstitusi ketika Perubahan UUD 1945 yang menyeimbangkan jaminan HAM dan pembatasannya.‬

"‪Sebagai perbandingan soal HAM ini, cobalah belajar juga Putusan MK No 2-3/PUU-V/2007 tentang uji materi UU Narkotika terkait hukuman mati. Kalau dilihat secara kasat mata, hak hidup berdasar pasal 28I ayat (1) adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam bentuk apa pun (non-derogable rights)," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement