Selasa 23 Feb 2016 15:17 WIB

Jokowi Janji Naikkan Anggaran TNI Menjadi Rp 250 T

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Ani Nursalikah
Jokowi
Foto: setkab.go.id
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menjanjikan kenaikan anggaran untuk TNI sebesar 1,5 persen dari PDB dengan syarat pertumbuhan ekonomi nasional dapat mencapai angka di atas enam persen. Angka 1,5 persen dari PDB tersebut, berdasarkan hitungan Jokowi, akan setara dengan Rp 250 triliun.

"Ini jumlah yang sangat besar," ujarnya saat membuka rapat terbatas tentang penguatan TNI di Kantor Presiden, Selasa (23/2).

Jokowi memaparkan, saat ini anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk TNI hanya sebesar 1,1 persen dari PDB. Tahun lalu, nilainya lebih kecil lagi, yakni hanya 0,89 persen dari PDB.

Jokowi menyadari untuk menciptakan TNI yang kuat harus didukung dengan kelengkapan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang lengkap dan modern. Oleh karenanya, negara mau tak mau harus menambah anggaran untuk TNI.

 

Kendati begitu, sebelum ada kenaikan anggaran menjadi 1,5 persen dari PDB, ia menginginkan panglima TNI membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu. "Harus ada rencana yang matang dan detil sehingga anggaran itu betul-betul digunakan dengan tepat guna," kata Presiden.

Baca juga:

Kelelawar Bantu Manusia Kebal Penyakit Mematikan

Awas, Berat Badan Pengaruhi Kehidupan Seks Anda

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement