Rabu 23 Mar 2016 18:26 WIB

Bandara Juwata akan Terkoneksi dengan Angkutan Laut

Rep: Dyah ratna meta novia/ Red: Winda Destiana Putri
Bandara Juwata Kaltara Baru
Foto: Kaltara
Bandara Juwata Kaltara Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Bandara Juwata, Tarakan merupakan bandara besar untuk ukuran provinsi yang  paling muda di  Indonesia. Bandara ini dipersiapkan untuk transit internasional.

"Ke depan ini akan jadi transit Jakarta-Tarakan-Filipina, Jakarta-Tarakan-Brunei, Jakarta-Tarakan-Malaysia," katanya, Rabu, (23/3).

Landasan pacu sesuai instruksi Presiden Jokowi akan diperpanjang tahun ini dari 2.250 meter jadi 2.500 meter. Ini harus segera diperpanjang agar bisa segera jadi bandara transit internasional.

Nanti bandara ini akan dihubungkan dengan intermoda speed boat. Nanti akan dibangun kanal-kanal yang akan menyambung ke laut lepas untuk memudahkan perjalanan menuju pulau-pulau kecil dari bandara.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie  mengatakan, nanti bandara akan disambungkan dengan dermaga apung di mana sudah banyak speedboat menunggu untuk mengantarkan penumpang. Dengan speedboat mereka bisa melanjutkan perjalanan ke Tanjung Selor dan Malinau.

"Ini akan menjadi bandara satu-satunya yang terkoneksi dengan angkutan sungai dan laut," ujar Irianto.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ شَرَعَ لَكُمْ مِّنَ الدِّيْنِ مَا وَصّٰى بِهٖ نُوْحًا وَّالَّذِيْٓ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهٖٓ اِبْرٰهِيْمَ وَمُوْسٰى وَعِيْسٰٓى اَنْ اَقِيْمُوا الدِّيْنَ وَلَا تَتَفَرَّقُوْا فِيْهِۗ كَبُرَ عَلَى الْمُشْرِكِيْنَ مَا تَدْعُوْهُمْ اِلَيْهِۗ اَللّٰهُ يَجْتَبِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْٓ اِلَيْهِ مَنْ يُّنِيْبُۗ
diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (keimanan dan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang-orang musyrik (untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka. Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya bagi orang yang kembali (kepada-Nya).

(QS. Asy-Syura ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement