Rabu 23 Mar 2016 19:06 WIB

Yayuk: Jangan Ada Lagi Korupsi Proyek Hambalang

Red: M Akbar
Yayuk Basuki
Foto: Antara
Yayuk Basuki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR-RI Yayuk Basuki mengingatkan pemerintah untuk memastikan pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, tidak lagi jadi ladang korupsi apabila proyek itu dilanjutkan.

"Jika pemerintah berniat melanjutkan proyek tersebut maka yang harus dipastikan adalah proyek tersebut tidak lagi menjadi rebutan pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan keuntungan pribadi," kata mantan atlet tenis nasional itu di Jakarta, Rabu (23/3).

"Jangan sampai ada 'rayahan' lagi ya, karena itu sebetulnya niat baik," ujar Yayuk.

Menurut dia, hal tersebut harus dicegah agar kesalahan serupa tidak kembali menimpa pejabat publik dan pemerintah yang bisa berdampak pada penilaian negatif dari masyarakat.

Secara pribadi, dia menilai keinginan Menpora untuk melanjutkan megaproyek yang terhenti akibat skandal korupsi tersebut itu merupakan itikad baik pemerintah agar dana yang sudah dikeluarkan tidak terbuang percuma.

Selain itu, dengan mempercepat kelanjutan pembangunan dikomplek Hambalang maka dapat mengurangi tingkat kerusakan bangunan atau fasilitas yang telah terbengkalai di lokasi tersebut.

Sebelum pemerintah benar-benar ingin melanjutkan proyek tersebut, Yayuk juga mengimbau untuk dilakukan pemeriksaan secara ilmiah mengenai kondisi tanah di lokasi pembangunan tersebut.

"Saya khawatir itu ada pergerakan dari kontur tanahnya. Kemarin kan ada yang amblas juga, kalau asal bangun lagi tanpa ada penelitian bisa membahayakan," ujar Yayuk menjelaskan.

Dia berharap, jika komplek Hambalang tersebut selesai maka bisa berdampak positif pada kemajuan bidang olahraga nasional.

"Kalau dibangun itu bisa megah dan jadi sentra olahraga kita, karena kita sudah tidak punya fasilitas seperti itu. Termasuk fasilitas 'sport science' pun tidak punya," tukas Yayuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement