Sabtu 30 Apr 2016 16:46 WIB

Siswa SD Saling Uji Kemampuan di Pertandingan Mind Matrix Challenge

Mind Matrix Challenge
Foto: Dok: Sinarmas
Mind Matrix Challenge

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sinarmas World Academy (SWA) mengadakan lomba Mind Matrix Challenge yang merupakan sebuah lomba akademik yang dirancang khusus untuk siswa-siswi tingkat SD dari kelas 1 hingga kelas 6.

Acara ini menarik perhatian dari beberapa sekolah di Jakarta dan Tangerang. "Lomba yang pertama kali diselenggarakan ini menghadirkan perwakilan dari 13 sekolah, dan diikuti 450 siswa dan siswi," kata Shinta Aulia, Kepala SD Sinarmas World Academy usai membuka lomba di kampus SWA, di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (30/4).

Disebutkan, acara itu melombakan uji kemampuan dalam hal akademik dan ketangkasan. Perlombaan yang ditandingkan termasuk diantaranya kemampuan berbahasa Inggris di pertandingan Spelling Bee, Matematika di Amazing Maths Race, Sains di Science Quest dan online Business Simulation.

Semua perlombaan dilakukan dalam bentuk kelompok, kecuali untuk perlombaan spelling bee dilakukan secara individu. 

"Harapan kami mengadakan acara ini, selain membangun persahabatan dengan sekolah lain, juga berupaya mengasah kemampuan akademis para peserta lomba ini," ujar Shinta. 

Dalam lomba Spelling Bee mereka saling menguji kemampuan dalam berbahasa Inggris secara lisan maupun tertulis. Sedangkan dalam perlombaan Amazing Maths Race siswa-siswi harus bertanding dalam kelompok untuk memecahkan masalah di setiap ‘station'.

"Mereka diminta menjawab berbagai pertanyaan seputar pelajaran Matematika yang dibuat menarik dan dibagi dalam berbagai tahap," kata Shinta.

Menurut Shinta, bagi peserta yang memiliki cita-cita menjadi ilmuwan dapat mengikuti pertandingan Science Quest. Dalam perlombaan ini, peserta dapat mencoba beberapa eksperimen.

Lain halnya dengan yang ingin menjadi pengusaha, para siswa dapat juga mengikuti perlombaan Business Simulation dengan membuat berbagai keputusan yang menentukan sukses tidaknya bisnis yang dibangun.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement