Jumat 02 Sep 2016 13:59 WIB

Akom Yakin Proses Penetapan Budi Gunawan Jadi Kepala BIN Lancar

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Bayu Hermawan
Ketua DPR RI Ade Komaruddin (ketiga kanan)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua DPR RI Ade Komaruddin (ketiga kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Ade Komarudin yakin proses penetapan Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) akan berjalan lancar.

"Setahu saya semua fraksi punya hubungan baik dengan Pak BG (sapaan Budi Gunawan), setahu saya ya. Jadi saya perkirakan ini akan berjalan baik," ujarnya saat ditanya terkait pandangan legislator terhadap pencalonan BG di Gedung DPR, Jumat (2/9).

Pria yang akrab disapa Akom itu mengatakan telah menerima surat resmi pengajuan Budi Gunawan yang diantarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Akom berjanji akan menggelar rapat pimpinan guna menindaklanjuti usulam tersebut.

Ia mengatakan usulan akan dibahas dengan seluruh pimpinan fraksi pada Senin (5/9). Sesuai mitra tugasnya, Komisi I DPR juga akan ditugaskan untuk mengatur jadwal uji kepatutan dan selanjutnya penentuan keputusan lewat sidang paripurna.

"Kami tidak ingin menunda-nunda. Segera kami kerjakan," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mensesneg Pratikno menemui pimpinan DPR RI guna menyampaikan surat pengajuan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang baru.

Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo mengusulkan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan untuk menggantikan jabatan yang kini diemban Sutiyoso.

Pratikno mengatakan, alasan pergantian kepala BIN adalah bentuk regenerasi yang normal dilakukan dalam suatu institusi. (Baca: Jokowi Resmi Usulkan Budi Gunawan Jadi Kepala BIN)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement