Senin 06 Feb 2017 20:45 WIB

Survei: Tak akan Ada Paslon Menangkan Pilkada Satu Putaran

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Bilal Ramadhan
Pilgub DKI (Ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Pilgub DKI (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil jajak pendapat terbaru yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) menunjukkan, dukungan suara yang diperoleh setiap pasangan cagub/cawagub DKI masih berada di bawah angka 30 persen. Temuan tersebut seakan-akan semakin mempertegas asumsi bahwa tidak ada satu pun kandidat yang bisa memenangkan Pilkada DKI 2017 hanya dalam satu putaran.

Menurut hasil survei Median, pasangan Anies-Sandi saat ini meraih dukungan 27,8 persen suara. Pasangan nomor urut tiga ini hanya terpaut dua persen di bawah Ahok-Djarot, yang saat ini mendapat 29,8 persen suara responden. Sementara, pasangan Agus-Sylvi kini menjadi juru kunci dengan mengantongi 26,1 persen suara responden.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun mengatakan, tren elektabilitas ketiga paslon yang bertarung di Pilkada DKI saat ini sama-sama memiliki potensi untuk naik atau turun, dalam beberapa hari ke depan.

Khusus untuk pasangan pejawat Basuki T Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot), kata dia, ada kemungkinan perolehan suara mereka akan tergerus jika kasus pelecehan terhadap Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin, semakin membesar dan massif sebelum tanggal 15 Februari ini.