Jumat 01 Mar 2013 17:34 WIB

Perjalanan Gelar Juara Chris John

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Fernan Rahadi
   Petinju Chris John merayakan kemenangan usai mengalahkan petinju Thailand Chonlatarn Piriyapinyo di Marina Bay Sands, Singapura, Jumat (9/11) malam.
Petinju Chris John merayakan kemenangan usai mengalahkan petinju Thailand Chonlatarn Piriyapinyo di Marina Bay Sands, Singapura, Jumat (9/11) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petinju profesional Chris John akan kembali naik ring untuk mempertahankan gelar juara kelas bulu pada 14 April 2013 mendatang. Chris direncanakan menghadapi petinju asal Jepang yang belum mau disebutkan namanya.

Pada November 2012 lalu, petinju yang dijuluki The Dragon ini mengalahkan petinju asal Filipina Chonlatarn Piriyapinyo. Sebelumnya, dia juga menantang petinju asal Meksiko, Juan Manuel Mrquez setelah mengalahkan Manny Pacquaiao.

Chris John memiliki rekor 50 kali pertandingan, diantaranya 48 menang, 22 kemenangan KO, dua kali seri dan belum pernah mengalami kekalahan. Pria kelahiran Banjarnegara ini memulai karir profesionalnya pada 1997 dan dikenal dengan sebutan 'Thin Man' sebelum berubah menjadi 'The Dragon'.

Tonggak sejarah Chris John ditorehkan pada 2003 ketika dia memenangkan gelar kelas bulu WBA dibawah asuhan pelatih Johan Tjahjadi yang merupakan ayah kandungnya sendiri dan Sutan Rambing.

Kemudian, pada 2005 dia bergabung dengan Harry's Gym di Perth, Australia. Di sanalah dia bertemu dengan Craig Christian yang menjadi pelatihnya sampai saat ini.

Pada 2006, petinju berusia 34 tahun ini menyabet gelat juara di Quadruple Champion atas Juan Manuel Marquez yang mengundang kontroversi. Sebab, ini adalah pertama kalinya Juan Manuel Marquez tersingkir sebagai juara. Ketika diwawancarai oeh ESPN, Chris mengaku akan melewati lima sampai enam kejuaraan lagi kemudian pensiun.

Pada 28 Februari 2009, Chris John kembali mempertaruhkan gelar juara dunia melawan Rocky Juarez di Toyota Center Houston, Texas. Ini adalah pertama kalinya dia bertanding di Amerika Serikat.

The Dragon mempertahankan gelar ke-16 pada 5 Mei 2012 dengan megalahkan petinju asal Jepang Shoji Kimura. Dia kembali mempertahankan gelar setelah mengalahkan Chonlatarn Piripinyo pada November 2012.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement