Jumat 31 Mar 2017 11:11 WIB

Aksi 313 Membawa Berkah Bagi Para Pedagang

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Andi Nur Aminah
Aksi 313 dimanfaatkan pedagang untuk berjualan di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/3)
Foto: Febrianto Adi Saputro
Aksi 313 dimanfaatkan pedagang untuk berjualan di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksi yang dilakukan Forum Umat Islam (FUI) dan beberapa ormas lain pada Jumat, (31/3) membawa dampak yang beragam bagi para pedagang. Ada pedagang yang memperoleh keuntungan pesat, ada juga yang justru sepi dari pembeli.

Katmi (66 tahun), pedagang minuman dan kopi di sekitaran Masjid Istiqlal mengaku meskipun tampak banyak peserta yang dalam aksi 313 berlalu-lalang, namun tidak banyak yang membeli dagangannya. "Lebih baik hari biasa, kalau kaya begini ramai orang aja," tutur Katmi kepada Republika.co.id.

Wanita asal Tuban tersebut menambahkan, sehari-hari ia bisa memperoleh Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun setiap ada aksi seperti saat ini, Katmi hanya memperoleh Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Berbeda dengan Katmi, Suroso (56 tahun), pedagang atribut, dan baju bertuliskan "313" justru memperoleh keuntungan yang cukup signifikan. "Karena ini pas sama momennya yaitu aksi 313, pembeli ramai untuk kenang-kenangan. Biasanya saya bawa pulang bisa sampai Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta," ujar Suroso.

Aksi 313 dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan. Mereka mengharapkan rezeki dari para peserta aksi yang hadir. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement