Senin 03 Apr 2017 10:30 WIB

Wasekjen Gerindra Sayangkan Penangkapan Aktivis Aksi 313

Red: Muhammad Hafil
Massa peserta aksi membersihkan sampah pascaaksi 313 di Jalan Medan Merdeka Barat , Jumat (31/3).
Foto: Republika/Singgih Wiryono
Massa peserta aksi membersihkan sampah pascaaksi 313 di Jalan Medan Merdeka Barat , Jumat (31/3).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Penangkapan sejumlah aktivis aksi bela Islam 313 disayangkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Andre Rosiade. Padahal, aksi tersebut justru dilakukan untuk mendukung aparat untuk menegakkan hukum dalam kasus dugaan penistaan agama yang telah menjadikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai terdakwanya. 

"Tindakan polisi menangkap sejumlah aktivis itu jelas indikasi ketidakadilan terhadap rakyat Indonesia. Demi satu orang terduga penista agama, polisi mengorbankan tugas dan fungsinya sebagai alat negara," kata Andre saat dihubungi Republika.co.id, Senin (4/3).

Andre menyayangkan Polri yang beberapa kali menangkap aktivis aksi bela Islam yang kemudian disangkakan sebagai pelaku makar. Padahal, kalau benar ada terjadi makar, aparat pertahanan seperti TNI sudah berada di garis terdepan menumpas kegiatan makar.   

"Umat Islam bermaksud menjaga kebinekaan, Pancasila, dan NKRI, meminta hukum dalam kasus dugaan penistaan agama ditegakkan. Kok malah ditangkap, dugaannya tidak main-main lagi, makar terhadap pemerintah, apa iya?" kata tokoh politik asal Sumatra Barat itu.