Senin 22 May 2017 12:37 WIB

Presiden Ajak Raja Swedia Melihat Replika Hand of God

Raja Swedia Carl Gustaf
Foto: EPA
Raja Swedia Carl Gustaf

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden Joko Widodo telah mengajak Raja Swedia Carl XVI Gustaf melihat replika patung "The Hand of God" saat berjalan kaki menikmati halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor dalam kunjungan Raja Swedia ke Indonesia.

Menurut pantauan di Bogor pada Senin (22/5), Raja Carl diajak Jokowi melihat sekilas patung pada sekitar pukul 11.50 WIB. Keduanya juga melakukan penanaman pohon kayu ulin di halaman istana sebagai lambang persahabatan.

Replika patung yang dibuat oleh pemahat asal Swedia, Carl Milles, itu merupakan sebuah hadiah kepada pemerintah Indonesia dari pemerintah Swedia pada 1957.

Milles, yang merupakan seniman kelahiran 1875 di Prancis, memahat patung "The Hand of God" menampilkan bentuk telapak tangan terbuka dengan lima jari yang terbuka lebar. Di atas jari jempol dan telunjuk berdiri patung manusia dengan kepala menengadah ke langit.

 

Patung tangan itu ditampilkan di atas tiang balok di halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor. Menurut keterangan dari laman resmi Museum Seni dan Pahat Carl Milles, www.millesgarden.se, patung manusia itu menengadah ke langit seolah-olah sedang mendapat pesan atau melakukan komunikasi.

Seniman Carl Milles yang tertarik dengan bidang astronomi mengerjakan patung itu antara tahun 1949 dan 1953. Rasa penasaran Carl Milles akan astronomi mempengaruhi gaya seni pahat Carl Milles mengenai surga, alam semesta maupun keberadaan Tuhan.

Hingga saat ini, patung asli "The Hand of God" diletakkan di taman seni dan pahat Museum Seni Carl Milles di Stockholm, Swedia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement