Rabu 04 Oct 2017 01:41 WIB

Tol Padang-Pekanbaru Mulai Dikerjakan 2 Pekan Lagi

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembangunan jalan tol (ilustrasi).
Foto: Antara
Pembangunan jalan tol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Presiden Jokowi dijadwalkan akan kembali berkunjung ke Padang, Sumatra Barat. Kunjungan kerja Jokowi ke Sumbar akan dilakukan dua pekan lagi atau pertengahan Oktober 2017, dengan agenda peletakan batu pertama pengerjaan Tol Padang-Pekanbaru dan peresmian operasional pabrik Indarung VI PT Semen Padang. Kepastian kedatangan Presiden Jokowi diungkapkan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dalam rapat koordinasi, Selasa (3/10).

"Saya ditelepon Menteri PUPR tadi malam. Beliau memberi informasi bahwa Presiden akan ke Sumbar dua pekan lagi. Persisnya pada 14 atau 15 Oktober, dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru," ujar Irwan di sela rapat koordinasi kedatangan Presiden Jokowi di Auditorium Gubernuran, Selasa (3/10).

 

Irwan mengungkapkan, Jokowi akan melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru yang tahapan pertamanya akan mencakup ruas Padang-Sicincin di awal 2018.

 

Agenda lain yang akan dihadiri Jokowi di Sumatra Barat nantinya adalah peresmian penggunaan pabrik Indarung VI Semen Padang, peresmian gedung Balai Diklat Pelayaran di Padang Pariaman, peresmian dimulainya proyek pengendalian banjir Batang Anai, dan peluncuran program pemberian sertifikat tanah.

 

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pengerjaan tahap pertama dari seluruh rangkaian tol sudah dilakukan tahun 2018 mendatang. Bahkan untuk tahap pertama, ruas Tol Padang-Sicincin ditargetkan sudah bisa dilalului kendaraan pada 2019 mendatang.

 

Dalam pembangunan tahap pertama tersebut, ruas jalan tol yang terbangun akan menghubungkan Kota Padang dengan Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman. Targetnya, ruas Padang-Sicincin bisa fungsional pada 2019 mendatang. Sebetulnya Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ingin agar pembangunan tahap awal bisa tembus ke Bukittinggi. Pemprov Sumbar berharap pembangunan tahap pertama bisa tembus hingga Bukittinggi sehingga kemacetan Padang-Bukittingi yang selama ini terjadi bisa terurai. Namun, permintaan ini masih dikaji Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menjelaskan, jalan tol Padang-Pekanbaru nantinya akan dibangun tiga tahap. Tahap pertama adalah ruas Padang-Sicincin, kedua adalah ruas Pekanbaru-Bangkinang, dan terakhir menghubungkan ruang tengah antara Sicincin-Bangkinang. Berdasarkan perhitungan, perjalanan Padang-Pekanbaru dan sebaliknya bisa ditempuh hanya dalam 3-4 jam bila pembangunan jalan tol rampung sepenuhnya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَسْكِنُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ سَكَنْتُمْ مِّنْ وُّجْدِكُمْ وَلَا تُضَاۤرُّوْهُنَّ لِتُضَيِّقُوْا عَلَيْهِنَّۗ وَاِنْ كُنَّ اُولَاتِ حَمْلٍ فَاَنْفِقُوْا عَلَيْهِنَّ حَتّٰى يَضَعْنَ حَمْلَهُنَّۚ فَاِنْ اَرْضَعْنَ لَكُمْ فَاٰتُوْهُنَّ اُجُوْرَهُنَّۚ وَأْتَمِرُوْا بَيْنَكُمْ بِمَعْرُوْفٍۚ وَاِنْ تَعَاسَرْتُمْ فَسَتُرْضِعُ لَهٗٓ اُخْرٰىۗ
Tempatkanlah mereka (para istri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka. Dan jika mereka (istri-istri yang sudah ditalak) itu sedang hamil, maka berikanlah kepada mereka nafkahnya sampai mereka melahirkan, kemudian jika mereka menyusukan (anak-anak)mu maka berikanlah imbalannya kepada mereka; dan musyawarahkanlah di antara kamu (segala sesuatu) dengan baik; dan jika kamu menemui kesulitan, maka perempuan lain boleh menyusukan (anak itu) untuknya.

(QS. At-Talaq ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement