Selasa 10 Oct 2017 06:03 WIB

Wanita Ini Alami Kebutaan Setelah Main Gim Ponsel Seharian

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nur Aini
Seorang perempuan tengah menggunakan ponsel. Ilustrasi
Foto: THe Washington Post
Seorang perempuan tengah menggunakan ponsel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Seorang warga asal Cina mengalami kebutaan sebelah mata. Peristiwa itu menimpa wanita yang dikenal dengan sebutan Wu Xiaojing usai menghabiskan satu hari penuh untuk bermain gim di ponsel.

Seperti diberitakan laman Mashable, Rabu (10/10) Wu Xiaojing tengah keranjingan bermain gim multiplayer Honour of Kings. Xiaojing secara tiba-tiba kehilangan pengelihatannya saat asyik memainkan gim tersebut.

Wanita yang berprofesi sebagai pegawai finansial ini mengalami kebutaan pada mata kanannya. Dia pun kemudian dilarikan ke beberapa rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan Retinal Artery Occlusion (RAO).

RAO merupakan masalah mata yang kerap menyerang lanjut usia. Gangguan tersebut dapat menyebabkan buta permanen pada penderitanya.

Wanita 21 tahun itu mengaku biasa menghabiskan waktu sedikitnya delapan jam menatap layar ponsel. Hal itu bahkan bisa dia lakukan tanpa makan, minum, atau pergi ke toilet sekalipun.

"Jika libur, biasanya aku bangun puku 06.00 pagi, sarapan dan kemudian bermain sampai jam 16.00 sore," katanya.

Rumah Sakit Spesialis Mata di Nancheng memvonis Xiaojing menderita RAO lantaran terlalu lama menatap layar ponsel. Namun, Dokter Klinik Mata di London, David Allamby mengatakan kepada Dailymail, ada kemungkinan kecil Xiaojing mengalami RAO akibat kebiasaannya itu.

"Anda tidak mendapatkan RAO dari ketegangan mata yang berhubungan dengan video seperti yang disarankan di sini. Ini adalah bukti paling umum dari beberapa bentuk penyakit kardiovaskular," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement