Jumat 22 Dec 2017 15:44 WIB

Siang Ini 78 Ribu Kendaraan Keluar Tol Cikarang Utama

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)
Foto: Antara/M Ali Khumaini
Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 78 ribu kendaraan telah melewati gerbang tol Cikarang Utama Jumat (22/12) siang ini. Arus lalu lintas di pintu tol tersebut sudah mulai tersendat baik yang arah ke luar maupun ke dalam Jakarta.

"Di Cikarang Utama, pintu tol ini agak tersendat baik menuju arah Jakarta maupun ke luar Jakarta," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat (22/12).

Argo menjelaskan, kemacetan yang terjadi di lajur menuju Jakarta diakibatkan oleh kecelakaan bus pagi hari tadi. Sekitar pukul 08.00 WIB, satu bus terperosok dan menyebabkan tertahannya kendaraan. "Kami sedang upayakan dicairkan sehingga tidak terjadi kepadatan," kata dia.

Hari ini, merupakan hari pertama Operasi Lilin Jaya 2017. Argo menuturkan, ada 10 ribu lebih anggota kepolisian yang dikerahkan untuk pengamanan. Kepolisian dibantu TNI dan pemerintah daerah dalam melakukan pengamanan tersebut.

"Saya ngecek jalan tol. Tadi kami cek pos pelayanan di rest area km 19. Kami semua akan datangi, cek bagaimana persiapan anggota di lapangan berhubungan dengan kegiatan operasi ini," terang Argo.

Argo melanjutkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kepolisian daerah Jawa Barat agar jangan sampai terjadi kemacetan di jalan tol. Menurut dia, kepolisian juga telah bekerja sama dengan Jasamarga selaku operator jalan tol untuk melihat kondisi lalu lintas melalui kamera CCTV.

"Mudah-mudahan nanti clear. Nanti malam, dengan data dari Jasamarga, sekitar 103 ribu kendaraan puncak arus mudik ini. Tapi tetap anggota mengamankan jalur ini agar tidak ada kemacetan," ujar Argo "(Siang) tadi ada sekitar 78 ribu(kendaraan) data dari Jasamarga sana."

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَشِحَّةً عَلَيْكُمْ ۖ فَاِذَا جَاۤءَ الْخَوْفُ رَاَيْتَهُمْ يَنْظُرُوْنَ اِلَيْكَ تَدُوْرُ اَعْيُنُهُمْ كَالَّذِيْ يُغْشٰى عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِۚ فَاِذَا ذَهَبَ الْخَوْفُ سَلَقُوْكُمْ بِاَلْسِنَةٍ حِدَادٍ اَشِحَّةً عَلَى الْخَيْرِۗ اُولٰۤىِٕكَ لَمْ يُؤْمِنُوْا فَاَحْبَطَ اللّٰهُ اَعْمَالَهُمْۗ وَكَانَ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرًا
mereka kikir terhadapmu. Apabila datang ketakutan (bahaya), kamu lihat mereka itu memandang kepadamu dengan mata yang terbalik-balik seperti orang yang pingsan karena akan mati, dan apabila ketakutan telah hilang, mereka mencaci kamu dengan lidah yang tajam, sedang mereka kikir untuk berbuat kebaikan. Mereka itu tidak beriman, maka Allah menghapus amalnya. Dan yang demikian itu mudah bagi Allah.

(QS. Al-Ahzab ayat 19)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement