Rabu 14 Mar 2018 18:17 WIB

Kondisi Kesehatan BJ Habibie Dilaporkan Membaik

Habibie melakukan pemasangan mitraclip untuk penanganan masalah jantung.

Red: Andri Saubani
Presiden ke-3 RI BJ Habibie
Foto: ANTARA/PUSPA PERWITASARI
Presiden ke-3 RI BJ Habibie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi kesehatan Presiden ketiga RI BJ Habibie semakin membaik dan melakukan pemasangan mitraclip untuk penanganan masalah jantung yang alaminya. Informasi dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (14/3), menyebutkan, prosedur pemasangan mitraclip tersebut berlangsung pada Rabu (14/3) pukul 08.00 waktu setempat atau pukul 14.00 WIB.

Mitraclip adalah klip kecil yang menangkap selebaran dari katup mitral untuk membuat dua lubang kecil di katup bocor. Prosedur tersebut dilakukan tanpa operasi tapi melalui kateter.

Pemasangan mitraclip tersebut dilakukan oleh tim dokter spesialis terbaik se-Eropa. Prosedur tersebut dilakukan setelah proses pemeriksaan dan pengawasan medis sejak Selasa (27/2) di Stanberg berjalan lancar.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan The Habibie Center tersebut juga menyampaikan terima kasih yang sedalam-dalamnya atas dukungan Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melalui sambungan telepon pada 4 Maret 2018, menyempatkan berbincang sejenak sekaligus mendoakan kesembuhan Habibie. Ia juga berharap BJ Habibie dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.