Rabu 27 Jun 2018 19:42 WIB

AHY Terkejut dengan Hasil Hitung Cepat Sudrajat-Syaikhu

Berdasarkan hitung cepat, Sudrajat-Syaikhu menyalip pasangan yang diusung Demokrat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ratna Puspita
Komdan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan sambutan sebelum doa bersama jelang Pilkada serentak di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (26/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Komdan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan sambutan sebelum doa bersama jelang Pilkada serentak di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Selasa (26/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat untuk Pilkada 2018 dan Pilpres 2019, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), terkejut dengan raihan suara yang diperoleh pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) pada pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat (Jabar) versi hitung cepat. Menurut dia, suara mereka naik signifikan dibandingkan perhitungan lembaga survei sebelum hari pencoblosan.

"Mengejutkan memang ada peningkatan signifikan dari pasangan calon nomor 3 (Asyik) yang menurut kami mendapat peningkatan suara yang luar biasa di hari pencoblosan ini," ujar dia di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (27/6).

Berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan berjuluk Asyik itu justru berada di posisi kedua pada pilgub Jabar. Misalnya, hasil hitung cepat Indobarometer menunjukkan Asyik memperoleh 28,54 persen. 

Sementara itu, Populi Center menyuguhkan hasil hitung cepat yang menempatkan pasangan Asyik meraih 28,75 persen. Hasil pasangan Asyik hanya kalah dari Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul, dan unggul dari Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Hasil hitung cepat ini sangat berbeda dibandingkan survei sebelum pencoblosan. Sebelum pemungutan suara, pesaing ketat Ridwan-Uu adalah duo DM atau Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Golkar. 

AHY pun mengatakan, ada banyak hal yang perlu dipelajari, ditelusuri, dan diinvestigasi terkait dengan kekalahan duo DM pada Pilkada Jabar. Kogasma juga ingin tahu lebih banyak apa yang terjadi di lapangan. 

Terutama terkait perbedaan hasil suara antara survei sebelum pencoblosan dan hitung cepat setelah pemungutan suara. “Jelang akhir babak dari pilkada di Jabar, khususnya pilgub, posisi calon yang kami usung itu rata-rata di urutan satu atau dua, beda tipis dengan pasangan calon nomor urut 1 (Emil-Uu)," katanya.

AHY juga melanjutkan, banyak faktor yang mungkin bisa didapatkan dari lapangan. Kogasma akan mencari tahu sebagai pembelajaran pada masa mendatang.

"Jika ada kesuksesan di sana-sini tentu kami syukuri sebagai bentuk kerja keras, tapi kalau ada kegagalan tentu harus kita pelajari mengapa,” kata dia. 

Ia mengatakan, hasil evaluasi itu akan menjadi pelajaran untuk perjuangan pada Pemilu 2019. “(Tahun) 2019 menanti dan perlu kerja keras dari seluruh kader Demokrat di mana pun berada," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar.

(QS. Az-Zumar ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement