Kamis 28 Apr 2011 19:10 WIB

UN Susulan SMP Semarang Dipusatkan Di Satu Lokasi

Red: Djibril Muhammad
Para siswa mengikuti Ujian Nasional
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Para siswa mengikuti Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG - Penyelengaraan Ujian Nasional (UN) 2011 susulan jenjang sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang pada 3-6 Mei mendatang akan dipusatkan di satu lokasi. "Berdasarkan kesepakatan dengan sekolah-sekolah, UN susulan akan digelar di SMP Negeri 2 Semarang," kata Sekretaris Panitia Penyelenggara UN Kota Semarang, Sutarto, di Semarang, Kamis (28/4).

Ia menjelaskan, SMP Negeri 2 Semarang dipilih sebagai lokasi UN susulan SMP sebab letaknya yang dianggap memudahkan akses peserta UN dari berbagai SMP di Kota Semarang, dibandingkan dengan sekolah lain. Ia menjelaskan, peserta UN susulan adalah siswa berasal dari berbagai SMP yang lokasinya tersebar sehingga memerlukan satu lokasi yang disepakati oleh seluruh pihak sekolah.

Pelaksanaan UN susulan, katanya, untuk memberi kesempatan siswa yang berhalangan hadir saat UN utama yang digelar pada 25-28 April 2011, karena alasan yang jelas, misalnya sakit. "Misalnya, siswa sakit saat UN utama, tidak mungkin dipaksakan. Karena itu mereka diberi kesempatan mengikuti UN susulan, sesuai dengan pelajaran UN utama yang tidak diikuti," katanya.

Ia mencontohkan, siswa yang tidak mengikuti UN utama matematika, maka siswa itu hanya perlu UN susulan matematika, tidak perlu mengikuti seluruh pelajaran yang ada dalam UN susulan. "Kalau mereka tidak mengikuti UN susulan, tentunya nilai mereka terancam tidak memenuhi ketentuan minimal," kata Sutarto yang juga Kepala Seksi SMP Dinas Pendidikan Kota Semarang itu.