Ahad 14 Apr 2013 09:20 WIB

Siswa Surabaya Diminta Abaikan SMS Bocoran UN

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Fernan Rahadi
Walikota Surabaya Tri Rismaharini
Walikota Surabaya Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini mengklaim adanya kebocoran soal Ujian Nasional (UN) melalui pesan singkat short message service (SMS) ponsel adalah tidak benar. Oleh karena itu, para siswa diimbau mengabaikan beredarnya kunci jawaban tersebut.

Menurut Risma, peserta UN seharusnya mempunyai kepercayaan diri yang cukup. Sebab, kata dia, kesiapan dalam menghadapi pelaksanaannya sudah optimal.

“Setiap minggu selalu diadakan pelatihan soal, bahkan kami minta sekolah benar-benar menyiapkan muridnya,” kata Risma belum lama ini.

Karena itu, siswa tidak perlu mempermasalahkan adanya kunci jawaban yang dikirim lewat ponsel. Pasalnya, potensi kebocoran soal dianggap minim, bahkan, pengawasan distribusi naskah ujian juga melibatkan pihak kepolisian.

Kemudian, guna menghindari suasana tegang saat UN berlangsung, dia juga meminta para pengawas untuk mengenakan pakaian yang lebih bersahabat. Seperti halnya tidak mengenakan sepatu ala hansip yang memicu bunyi saat melangkah. “Itu menyebabkan merasa ketakutan,” ujarnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ اَرَاَيْتُمْ شُرَكَاۤءَكُمُ الَّذِيْنَ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗاَرُوْنِيْ مَاذَا خَلَقُوْا مِنَ الْاَرْضِ اَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِى السَّمٰوٰتِۚ اَمْ اٰتَيْنٰهُمْ كِتٰبًا فَهُمْ عَلٰى بَيِّنَتٍ مِّنْهُۚ بَلْ اِنْ يَّعِدُ الظّٰلِمُوْنَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا اِلَّا غُرُوْرًا
Katakanlah, “Terangkanlah olehmu tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah.” Perlihatkanlah kepada-Ku (bagian) manakah dari bumi ini yang telah mereka ciptakan; ataukah mereka mempunyai peran serta dalam (penciptaan) langit; atau adakah Kami memberikan kitab kepada mereka sehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas darinya? Sebenarnya orang-orang zalim itu, sebagian mereka hanya menjanjikan tipuan belaka kepada sebagian yang lain.

(QS. Fatir ayat 40)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement