Rabu 03 Oct 2018 01:42 WIB

Lagi, Led Zeppelin Hadapi Sidang Plagiat Stairway to Heaven

Pada 2016, pengadilan telah memutuskan tidak ada penjiplakan oleh Led Zeppelin.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Friska Yolanda
Led Zeppelin
Foto: EPA/Andy Rain
Led Zeppelin

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Grup band legendaris Led Zeppelin harus kembali menghadiri persidangan setelah band Spirit mengajukan banding tuduhan penjiplakan lagu Stairway To Heaven. Lagu tersebut diduga menjiplak bagian riff gitar pada lagu berjudul Taurus karya band Spirit. 

Sebelumnya, hakim telah menyatakan bahwa Led Zeppelin tidak melakukan penjiplakan dan diputuskan pada tahun 2016. Namun pada Jumat lalu, pengadilan Amerika Serikat di San Fransisco memutuskan untuk membatalkan putusan tersebut dan mengutip serangkaian kesalahan oleh hakim pengadilan. 

Keputusan tersebut menghidupkan kembali salah satu kontroversi penjiplakan lagu yang paling diperhatikan di dunia. Apabila banding dikabulkan, penyanyi utama Led Zeppelin, Robert Plant dan gitaris Jimmy Page terancam mengalami kerugian jutaan dolar AS.

Pengajuan banding ini diajukan oleh Michael Skidmore, wakil dari lagu-lagu karya gitaris band Spirit, Randy Wolfe. Skidmore menuduh Plant dan Page mencuri pembukaan yang ikonik lagu Stairway To Heaven dari lagu Taurus. 

Ia mengatakan, lagu tersebut memiliki pergerakan chord yang sama. Diduga, Page menulis lagu Stairway To Heaven setelah mendengar lagu Taurus ketika kedua band tersebut sedang melakukan tur bersama. 

Wolfe sebenarnya pernah mengeluhkan soal persamaan kedua lagu. Namun, dirinya tidak mengajukan tuntutan hingga kematiannya akibat tenggelam pada 1997. 

Sebelumnya, juri telah memutuskan bahwa pembukaan pada lagu milik Led Zeppelin tidak terdapat kemiripan secara instrinsik dengan Spirit. Namun, hakim Richard Paez mengatakan bahwa hakim pada saat itu telah melakukan kesalahan.

"Kami tidak membantah bahwa Led Zeppelin adalah salah satu band besar dalam sejarah. Tetapi plagiarisme mereka tak terhapuskan mewarnai warisan mereka," kata pengacara Skidmre, Francis Malofiy melalui surat elektronik. 

Baca juga, Kata Jimmy Page Soal Konser Reuni Led Zeppelin

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement