Kamis 11 Oct 2018 22:21 WIB

Hutan Lereng Sumbing di Temanggung Terbakar

Belum diketahui apa pemicu terjadinya kebakaran di hutan tersebut.

Red: Andi Nur Aminah
Asap mengepul dari kebakaran hutan gunung Sumbing di Kledung, Temanggung, Jawa Tengah (ilustrasi)
Foto: Antara/Anis Efizudin
Asap mengepul dari kebakaran hutan gunung Sumbing di Kledung, Temanggung, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEMANGGUNG -- Kawasan hutan milik Perhutani di lereng Gunung Sumbing wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (11/10) terbakar. Pelaksana tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Gito Walngadi di Temanggung mengatakan, kebakaran terjadi di petak 23 hingga 10 Resor Pemangku Hutan Kemloko. "Kebakaran terjadi di tiga titik pada petak tersebut, namun dua titik telah berhasil dipadamkan," katanya.

Ia mengatakan pemadaman api dilakukan oleh petugas Perhutani bersama masyarakat secara manual. Ia menuturkan, Jumat (12/10) besok, pihaknya akan mengerahkan personel BPBD Temanggung untuk ikut membantu memadamkan kebakaran jika api belum padam. "Mudah-mudahan sudah padam semua, maka kami akan melihat perkembangan dulu, kalau memang masih terjadi kebakaran, kami akan terjunkan personel untuk memadamkan api," katanya.

Ia menyampaikan penyebab terjadinya kebakaran belum diketahui. "Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat jangan sembarangan menyalakan api di kawasan hutan karena rawan terjadi kebakaran," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement