Sabtu 22 Dec 2018 00:12 WIB

Ringgo Terharu Perankan Abah di Keluarga Cemara

Dari sosok Abah, Ringgo belajar jadi ayah yang lebih bijaksana.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT 48, dan Widuri Puteri, pemeran utama film Keluarga Cemara.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT 48, dan Widuri Puteri, pemeran utama film Keluarga Cemara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Ringgo Agus Rahman berperan sebagai Abah di film Keluarga Cemara yang tayang mulai 3 Januari 2019. Dia mengaku terharu karena karakter Abah sangat melegenda di mata penonton yang menggemari sinetronnya hampir satu dekade silam.

"Terhormat sekali memerankan Abah walau deg-degan, apakah bisa bagus jika saya yang memerankan. Sulitnya bukan soal berakting tapi bagaimana karakter ini bisa sampai ke semua orang," kata Ringgo.

Pada konferensi pers sekaligus pemutaran khusus media di Jakarta, Ringgo banyak menceritakan pengalaman berkesan selama terlibat dalam film. Dia beberapa kali tidak kuasa menahan air mata karena terharu.

Menurut Ringgo, Abah adalah contoh dan panutan bagi keluarga kecilnya. Abah selalu menjadi idola bagi sang istri yang sabar dan setia, Emak (Nirina Zubir). Begitu pula bagi kedua putri mereka, Euis dan Ara, yang diperankan Zara JKT 48 dan Widuri Puteri.

Dari sosok bijaksana Abah, Ringgo banyak belajar mengenai proses menjadi sosok ayah. Suami dari Sabai Morscheck itu memang sudah memiliki satu putra yang masih kecil yaitu Bjorka Dieter Morscheck, tapi fase orang tua yang dia lalui belum seperti Abah.

Bedanya, Ringgo masih dalam tahap mengajak anak balitanya bermain. Sementara, anak-anak Abah sudah cukup besar dengan berbagai dinamika emosi. Namun, Ringgo maupun Abah sama-sama ingin membahagiakan istri dan anak dengan tanggung jawab yang harus diemban.

Pada sudut pandang keaktoran pun, pria 36 tahun kelahiran Bandung itu mengaku terpuaskan dengan perannya. Ringgo amat senang menghidupkan karakter Abah, ditambah refleksi personal terkait hubungan ayah dan anak dalam film.

"Hasil yang saya lihat di luar ekspektasi, seperti diingatkan kembali senangnya berakting. Apalagi film ini tidak cuma menghibur, tapi ada pengaruh luar biasa yang semakin mendekatkan kita dengan keluarga," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement