Selasa 16 Apr 2019 10:43 WIB

Siswa SMP Muhammadiyah Kota Barat Juara Lomba Robotik

Siswa meraih juara ketiga dalam lomba robotik kategori lego mindstroom.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Gita Amanda
Muhammadiyah
Foto: wikipedia
Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kota Barat Surakarta berhasil meraih juara ketiga dalam lomba robotik kategori lego Mindstroom diajang Industrial Automation and Robotic Competition (IARC) yang berlangsung di Institut Sepuluh November Surabaya. Mereka yakni Muhammad Raffi Rosind Nugroho dan Abdurahman Wahid Atallah yang merupakan siswa kelas 8.

“Hal ini tentu sangat membanggakan sekolah karena mereka mampu membawa nama baik sekolah dalam ajang fenomenal lomba robotik tingkat nasional. Alhamdulillah,kami sangat bangga dan senang karena Raffi dan Rahman mampu membuktikan kembali bakatnya," kata Huams SMP Muhammad PK Kota Barat, Aryanto dalam pers rilis yang diterima Republika.co.id, pada Selasa (16/4).

 

Aryanto menjelaskan dua siswanya mampu melenggang dari babak penyisihan hingga final dengan jalan yang tidak mudah. Keduanya berhasil menjadi finalis 5 besar dari 36 tim dari berbagai sekolah yang mengikuti kejuaraan tersebut.

Pada babak penyisihan, dua siswa SMP Muhammadiyah PK Kota Barat itu mampu mencetak 70 poin dengan waktu tempuh 1 menit 10 detik. Saat babak final dua siswa SMP Muhammadiyah PK Kota Barat itu harus berjuang menghadapi tim dari 4 sekolah yakni MTS Terpadu Ar-Roihan, Malang, SMP Kristen Petra 2, SMPK Stellah Marris dan SMPK Petra Kediri.

Sesuai panduan soal final IARC 2019, jelas Aryanto kemampuan yang diujikan dalam final kejuaraan itu antara lain kemampuan menggerakan robot sesuai jalur tanpa melewati batas rintangan, memindahkan objek, berhenti untuk selang waktu tertentu dan penggunaan sensor warna untuk mengikuti garis.

Dalam ajang tersebut dua siswa SMP Muhammadiyah PK Kota Barat menggunakan Robot bertipe LEGO Mindstrom EV3 Home edition. “Tim Raffi dan Rahman yang bernama Robostar mampu membuktikan kemampuannya dengan strategi yang sudah mereka susun,” kata Aryanto.

Sebelumnya Raffi dan Rahman juga sudah membuktikan kemampuannya pada ajang Indonesia Robotic Competition (IRO) 2018 kategori Junior High Programming di Surabaya dengan peringkat kesepuluh dari 30 tim yang mengikuti kejuaraan itu. Selain itu menjadi juara ketiga Lomba Jateng Robotik Competition kategori Junior Programming diselenggarakan oleh IT-Smart dalam acara Pameran Produk Inovasi Jawa Tengah di Sasana Manggala Sukowati, Kabupaten Sragen Jawa Tengah pada 2019.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement