Ahad 30 Jun 2019 16:29 WIB

Studi Ungkap Manusia Cari Pasangan Baru yang Setipe Mantan

Studi mengungkap seseorang selalu mencari tipe yang sama selama beberapa kali.

Rep: Eric Iskandarsjah Z./ Red: Christiyaningsih
Hubungan mesra dengan pasangan (ilustrasi)
Foto: Womanitely
Hubungan mesra dengan pasangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Saat seseorang gagal dalam menjalin hubungan dengan pasangan, kadang beberapa orang akan mencari pasangan baru dengan tipe yang berbeda. Namun, sebuah studi dari University of Toronto mengungkap analisis menarik. Ketua tim penelitian Yoobin Park mengatakan studi itu menemukan ternyata seseorang selalu mencari tipe yang sama selama beberapa kali.

 

Baca Juga

“Biasanya ketika suatu hubungan berakhir, orang-orang mengaitkan perpisahan itu dengan kepribadian mantan pasangan mereka dan memutuskan berkencan dengan tipe orang yang berbeda. Tapi penelitian kami menunjukkan ada kecenderungan yang kuat dari seseorang untuk tetap berkencan dengan kepribadian yang sama,” ujar Park dilansir Science Daily belum lama ini.

Studi ini dilakukan selama beberapa tahun dengan melibatkan 332 pasangan dan keluarga dari berbagai usia. Selanjutnya, peneliti membandingkan kepribadian pasangan saat ini dan masa lalu. Temuan utama mereka adalah adanya konsistensi yang signifikan dalam kepribadian pasangan romantis individu.