Ahad 25 Aug 2019 20:06 WIB

DPRD Jabar Diingatkan tak Lupa Fungsi Representasi

Anggota DPRD Jabar ini diarahkan untuk mengakomodasi kepentingan warga.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Anggota DPRD Jawa Barat terpilih yang akan mengemban tugas sebagai wakil rakyat dalam periode 2019-2024 diingatkan untuk selalu berpijak dan tak melupakan fungsi representasi dalam menjalankan tugas pokoknya.

Fungsi representasi tersebut, kata Pengamat politik Universitas Parahyangan, Asep Warlan, harus menjadi dasar dalam penganggaran, pengawasan, maupun legislasi. Dengan fungsi representasi ini, para anggota parlemen diarahkan untuk mengakomodasi kepentingan warga.

AYO BACA : Ini Jalan di Bandung yang Ditutup saat Pelantikan DPRD Jabar 2019-2024

Jadi harus aspiratif, akomodatif, partisipatif dengan warga. Jangan hanya sekadar dia punya target-target, ada program politiknya dia usahakan itu, padahal tidak aspiratif, tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang diperjuangkan oleh dewan, ungkapnya ketika ditemui di Gedung Sate, Kamis (22/8/2019).

Fungsi ini juga dinilai penting agar anggota dewan terhindar dari kepentingan partai dan golongan. Para anggota dewan, ujar Asep, tidak lagi mewakili partai ketika mereka sudah duduk mendapat amanat sebagai anggota legislatif.

AYO BACA : 120 Nama Calon Terpilih DPRD Jabar Ditetapkan, Gerindra Terbanyak

Mereka itu bukan wakil partai, bukan wakil golongan. Apalagi hanya mengiya-iyakan apa yang diinginkan oleh eksekutif. Bahaya kalau begitu. Dewan tidak berguna lagi sebagai wakil rakyat yang memperjuangkan aspirasi, jelasnya.

Dalam menjalankan fungsi penganggaran, ia menekankan agar dewan menggunakan anggaran seefisien mungkin. Penggunaan anggaran dalam bentuk apapun, ujar dia, harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas daerah, termasuk DPRD sendiri.

Apapun yang dilakukan harus dalam rangka peningkatan kualitas, dalam rangka memudahkan menyerap aspirasi. Bukan, maaf ya, studi banding. Studi banding boleh, tapi tagline yang kita inginkan adalah berguru kepada yang lebih mampu belajar kepada yang lebih pintar, paparnya.

AYO BACA : Soal Provinsi Bogor Raya, DPRD Jabar Belum Terima Usulan

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَذَرِ الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَعِبًا وَّلَهْوًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا وَذَكِّرْ بِهٖٓ اَنْ تُبْسَلَ نَفْسٌۢ بِمَا كَسَبَتْۖ لَيْسَ لَهَا مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ وَلِيٌّ وَّلَا شَفِيْعٌ ۚوَاِنْ تَعْدِلْ كُلَّ عَدْلٍ لَّا يُؤْخَذْ مِنْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اُبْسِلُوْا بِمَا كَسَبُوْا لَهُمْ شَرَابٌ مِّنْ حَمِيْمٍ وَّعَذَابٌ اَلِيْمٌ ۢبِمَا كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ ࣖ
Tinggalkanlah orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Qur'an agar setiap orang tidak terjerumus (ke dalam neraka), karena perbuatannya sendiri. Tidak ada baginya pelindung dan pemberi syafaat (pertolongan) selain Allah. Dan jika dia hendak menebus dengan segala macam tebusan apa pun, niscaya tidak akan diterima. Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan (ke dalam neraka), karena perbuatan mereka sendiri. Mereka mendapat minuman dari air yang mendidih dan azab yang pedih karena kekafiran mereka dahulu.

(QS. Al-An'am ayat 70)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement