Jumat 20 Sep 2019 18:49 WIB

Libatkan ABK, Museum Vredeburg Pecahkan Rekor MURI

Tercatat peserta berjumlah 1.299 orang ABK.

Rep: my28/ Red: Fernan Rahadi
Dongeng Untuk Anak Disabilitas. Anak-anak penyandang disabilitas mendengarkan dongeng di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Kamis (19/9/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Dongeng Untuk Anak Disabilitas. Anak-anak penyandang disabilitas mendengarkan dongeng di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Kamis (19/9/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Museum Vredeburg menggelar kegiatan Vredeburg Fair 2019 pada Kamis (19/9) hingga Selasa (24/9) mendatang. Salah satu kegiatannya yang digelar Kamis kemarin adalah rangkaian mendongeng bersama 100 anak berkebutuhan khusus (ABK). Kegiatan tersebut memecahkan rekor MURI.

Kepala Tata Usaha Benteng Vredeburg Yogyakarta, Haris Budiharto, menuturkan kegiatan ini diselenggarakan oleh Museum Vredeburg UPT Direktorat Jenderal Kemendikbud dengan mengusung konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni melibatkan ABK. 

“Selaku penyelenggara, pihak kami turut memfasilitasi pihak sekolah melalui transportasi bus dalam rangka meramaikan kegiatan,” tuturnya kepada Republika dalam penyelenggaraan Pembukaan Vredeburg Fair 2019, di Musuem Vredeburg Yogyakarta, Kamis (20/9).

Menurut Haris, tercatat peserta berjumlah 1.299 orang ABK dengan keterwakilan seluruh kabupaten kota di Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta.