Selasa 05 Nov 2019 17:31 WIB

GoPay Gandeng Baznas Luncurkan Inovasi GoZakat

Kenaikan donasi digital menggunakan GoPay mencapai 1.300 kali lipat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Pembayaran zakat semakin mudah melalui go bills.
Foto: republika
Pembayaran zakat semakin mudah melalui go bills.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- GoPay bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menghadirkan inovasi kemudahan berzakat secara digital lewat GoZakat. Peluncurkan ini bertepatan dengan pembukaan Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019 di Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/11).

Melalui aplikasi ini, pengguna GoPay bisa membayar zakat lebih dekat dan lebih mudah lewat fitur GoBills, yang tersedia di aplikasi Gojek. Direktur Utama Baznas, M. Arifin Purwakananta mengatakan potensi zakat di Indonesia bisa mencapai Rp 252 triliun.

Baca Juga

"Kami sendiri telah melihat tren positif penggunaan sedekah digital oleh masyarakat, di mana pada tahun 2018, pengumpulan zakat dari jalur digital mengalami kenaikan dari dua persen menjadi enam persen," kata Arifin di Bandung, Selasa (5/11).

Arifin optimis dengan jaringan dan jangkauan GoPay yang hampir di seluruh Indonesia ikut membantu menyebarluaskan semangat zakat ke semua daerah. "Kami yakin bahwa potensi tersebut dapat dimaksimalkan melalui inovasi zakat digital yang dihadirkan oleh GoPay, apalagi mengingat jangkauan pengguna GoPay yang luas di seluruh Indonesia," kata Arifin.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, semenjak donasi digital diperkenalkan kepada publik bersama Baznas pada bulan Ramadan 2018 lalu, pihaknya melihat sambutan yang sangat positif dari masyarakat.

"Hingga Oktober 2019, kenaikan donasi digital menggunakan GoPay mencapai 1.300 kali lipat dan telah berhasil membantu mengumpulkan donasi senilai Rp 63 miliar," ujar Budi.

Momentum peluncuran GoPay di acara WZF pun dinilai  tepat. WZF merupakan perhelatan besar forum pegiat zakat dunia yang dihadiri oleh 300 tokoh organisasi pengelola zakat dari 28 negara.

"Kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan World Zakat Forum, kami meluncurkan GoZakat, inovasi kemudahan dalam berzakat secara digital yang GoPay kembangkan bersama Kitabisa.com dan berbagai lembaga amal zakat terpercaya seperti Baznas," kata Budi.

Pengguna GoPay yang ingin membayar zakat cukup membuka fitur GoBills yang terdapat di aplikasi Gojek. Kemudian pilih menu "Zakat", lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan. Selain Baznas, pengguna juga dapat menyalurkan zakatnya lewat Baitul Maal Hidayatullah, LazisMu, LazisNU, Rumah Yatim, dan Rumah Zakat.

Inovasi zakat digital ini merupakan bagian dari program GoPay for Good yang diinisiasikan oleh GoPay untuk memudahkan masyarakat dalam membantu sesama lewat donasi digital. Saat ini, GoPay for Good telah bekerja sama dengan 400 lembaga nonprofit dan rumah ibadah di 21 provinsi dan 41 kota di seluruh Indonesia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ
Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar.

(QS. Az-Zumar ayat 3)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement