Kamis 21 Nov 2019 05:45 WIB

Arkeolog Temukan Lampu-Lampu Kuno Romawi

Lampu kuno Romawi ditemukan saat penggalian.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Lampu kuno Romawi.
Foto: Daily Sabah
Lampu kuno Romawi.

REPUBLIKA.CO.ID,ISTANBUL -- Para arkeolog dari Diyarbakir, Turki menemukan 48 lampu kuning berusia 1500 tahun. Lampu-lampu kini itu ditemukan sepanjang penggalian di kastil Zerzevan di distrik kota Cinar. Penggalian dipimpin profesor Aytac Coskun dari Departemen Arkeologi Universitas Dicle. 

Menurut Coskun melalui lampu yang diyakini berasal dari masa Romawi itu akan dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang sejarah kastil Zerzevan. Coskun mengatakan biasanya tempat ditemukannya lampu-lampu adalah toko kuno.

Baca Juga

"Setiap lampu punya tanda yang berbeda di atasnya, termasuk matahari kadang-kadang binatang atau huruf. Itu semua punya makna yang berbeda," kata Coskun seperti dilansir Daily Sabah pada Kamis (21/11). 

Lampu-lampu itu digali dekat kuil Mithras Era Romawi yang berusia 1700 tahun dan ditemukan di bawah tanah pada 2017 lalu. Sementara kastil pernah berfungsi sebagai bangunan militer. Kastil berada di atas lahan seluas 55.200 meter persegi dan dikelilingi tembok setinggi 12-15 meter dan panjang 1200 meter. Kastil juga memiliki menara pengawal dan penjaga setinggi 21 meter.