Rabu 04 Dec 2019 12:30 WIB

Roger Federer, Legenda Hidup yang Wajahnya Terukir di Koin

Ini adalah kali pertama Swiss mendedikasikan pencetakan pada atlet yang masih hidup.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Petenis asal Swiss, Roger Federer
Foto: AP
Petenis asal Swiss, Roger Federer

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penghormatan diberikan Pemerintah Swiss terhadap salah satu atlet terbaiknya, Roger Federer. Wajah petenis kebanggaan Swiss ini akan terpampang di koin mata uang perak franc Swiss pecahan 20 franc.

Ini adalah kali pertama Pemerintah Swiss damn Swissment (otoritas pencetak koin Swiss) mendedikasikan pencetakan di atas koin terhadap atlet yang masih hidup. Pemerintah mengatakan, juara grand slam 20 kali itu mungkin olahragawan individu paling sukses di Swiss. Federer juga merupakan duta besar yang sempurna untuk Swiss. Sisi "kepala" dari koin menunjukkan Federer memainkan backhand satu tangan.

Baca Juga

Pemerintah mengatakan edisi terbatas hingga 95 ribu unit koin Federer dapat dipesan dengan biaya 30 franc Swiss. Dilansir Eurosport, awal pekan ini, koin itu akan dirilis pada Januari 2020. Sedangkan untuk koin emas dengan nilai 50 franc dengan gambar Federer akan dicetak Mei tahun depan. Koin 50 franc akan memiliki desain yang berbeda.

Kini penggemar Roger Federer dapat memiliki legenda Swiss di dompetnya setiap saat. "Prestasi olahraga Roger Federer, komitmen amal, sifatnya yang santai, dan aksesibilitasnya kepada para penggemarnya telah mendorong Swissmint untuk mendedikasikan koin perak 20-franc ini kepadanya, pertama kali dilakukan dengan orang yang masih hidup," ujar seorang juru bicara Swissmint.