Jumat 03 Jan 2020 11:21 WIB

Komandan Pasukan Elite Iran Tewas dalam Serangan Udara AS

Serangan udara AS dilaksanakan atas perintah Donald Trump.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Jenderal Qassem Soleimani (tengah).
Foto: Office of the Iranian Supreme Leader via AP, File
Jenderal Qassem Soleimani (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Gedung Putih mengatakan, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memerintahkan serangan udara yang menewaskan Komandan Pasukan Elite Iran Jenderal Qassem Soleimani. Perintah itu pun dilaksanakan dengan menyerang Bandara Internasional di Baghdad pada Jumat (3/1) pagi.

Beberapa menit sebelum pernyataan dirilis Pentagon, Trump mengunggah bendera AS tanpa komentar di Twitter. Kemudian, Gedung Putih mengeluarkan pernyataan yang mengatakan serangan itu adalah tindakan tegas yang dilakukan atas arahan presiden.

Baca Juga

"Amerika Serikat akan terus mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi orang-orang kami dan kepentingan kami di manapun mereka berada di seluruh dunia," kata Pentagon dalam pernyataan, dikutip dari the Guardian.

Sosok yang menjalankan operasi militer Iran di Irak dan Suriah menjadi sasaran ketika diusir dari bandara Baghdad oleh sekutu lokal dari Unit Mobilisasi Populer (PMU). Wakil kepala PMU Abu Mahdi al-Muhandes juga tewas dalam serangan itu.