Selasa 24 Mar 2020 16:12 WIB

Kemensos: Cadangan Beras Siap untuk Daerah Terdampak Corona

Kemensos mempersilakan kepala daerah gunakan cadangan beras untuk yang membutuhkan.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Yudha Manggala P Putra
Karyawan memeriksa stok beras. Ilustrasi
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Karyawan memeriksa stok beras. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk daerah-daerah yang terdampak ekonomi akibat virus corona SARS-CoV2 (Covid-19).  Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Asep Sasa Purnama mengungkap, kepala daerah di wilayah yang terdampak bisa menggunakannya.

"Tujuannya agar kebutuhan keluarga miskin dan rentan yang kesulitan memenuhi kebutuhan tetap terpenuhi," ujarnya saat video conference Dukungan Kemensos untuk Penanganan Covid-19, di akun youtube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (24/3).

Ia menambahkan, Kemensos telah memberikan surat edaran kepada jajaran kepala daerah seperti para gubernur dan bupati/ wali kota untuk menggunakan CBP sesuai kewenangannya. Bila kurang, ia mempersilakan mereka minta tambah ke Kemensos.

Tak hanya itu, pihaknya juga memberikan bansos yang diberikan untuk mengurangi beban keluarga miskin, termasuk yang terdampak akibat Covid-19. Karena itu Kemensos meningkatkan nilai bansos program sembako yang menyasar 15,2 juta keluarga penerima manfaat (KPM).