Senin 27 Apr 2020 14:22 WIB

Cara Efektif Korsel Tekan Peningkatan Kasus Corona

Dalam kasus Korea, alat tes adalah faktor penting dalam menangani Covid-19

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolandha
Anak-anak bermasker tengah bermain balon di Kuil Chogyesa di Korea Selatan, Jumat (24/4).
Foto: AP Photo/Ahn Young-joon
Anak-anak bermasker tengah bermain balon di Kuil Chogyesa di Korea Selatan, Jumat (24/4).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Korea Selatan (Korsel) telah memperoleh banyak pujian atas caranya menangani wabah Covid-19 di negaranya. Pengujian masif, pelacakan, dan tindakan lainnya yang diambil Seoul dianggap efektif meratakan kurva infeksi. 

Korsel, yang awalnya merupakan salah satu pusat wabah Covid-19, mulai mencatatkan satu digit kasus infeksi saat ini. Padahal sebelumnya, ia dapat melaporkan ratusan kasus per hari. 

Dalam sebuah telekonferensi dengan George Washington University pekan lalu, Direktur Jenderal Biro Kerja Sama Internasionl Kementerian Ilmu Pengetahuan Korsel Hee-Kwon Jung memaparkan beberapa faktor kunci terkait keberhasilan negaranya menekan laju infeksi Covid-19. Mereka antara lain pengujian yang luas, perawatan eksperimental, dan pengumpulan data lanjutan.

“Dalam kasus Korea, alat tes (adalah) faktor yang sangat penting dalam cara menangani Covid-19 ini. Karena Covid-19 adalah virus yang tidak diketahui, sangat penting seberapa cepat kami mengembangkan alat tes,” kata Hee-Kwon Jung, dikutip laman Washington Times, Ahad (26/4).