Senin 11 May 2020 04:35 WIB

Sampul Album Perdana Led Zeppelin akan Dilelang

Sampul album perdana Led Zeppelin merupakan karya George Hardie.

Red: Nora Azizah
Karya seni asli untuk sampul dari album perdana Led Zeppelin yang dirilis tahun 1969 akan dilelang pada bulan Juni 2020 (Foto: Led Zeppelin (ki-ka) John Paul John, Robert Plant dan Jimmy Page)
Foto: billboard
Karya seni asli untuk sampul dari album perdana Led Zeppelin yang dirilis tahun 1969 akan dilelang pada bulan Juni 2020 (Foto: Led Zeppelin (ki-ka) John Paul John, Robert Plant dan Jimmy Page)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karya seni asli untuk sampul dari album perdana Led Zeppelin yang dirilis tahun 1969 akan dilelang pada bulan Juni 2020. Dilansir AceShowbiz, Ahad (10/5), sampul album karya George Hardie yang diambil berdasarkan jeperetan foto seorang fotografer bernama Sam Shere yang mengabadikan momen bencana, saat sebuah kapal udara zeppelin meledak di langit Hindenburg.

Hardie dikabarkan merancang karya itu ketika dia masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Royal College of Art di London. Kemudian temannya, fotografer Stephen Goldblatt, merekomendasikannya kepada para personel Led Zeppelin.

Baca Juga

Led Zeppelin dilaporkan hanya membayar Hardie 75 US dollar untuk karyanya itu. Ia kemudian merancang sampul album untuk band lain, termasuk Pink Floyd, Black Sabbath, dan Wings.

Karya tersebut ditaksir memiliki harga antara 20 ribu dolar AS hingga 30 ribu dolar AS. Peter Klarnet dari rumah lelang Christie's mengatakan dalam hal kelangkaan, karya seni tidak diragukan lagi. Prosesi lelang akan berlangsung dari tanggal 2 Juni hingga 18 Juni 2020

"Ini adalah objek yang unik. Saya rasa Anda tidak bisa menemukan yang lebih langka dari itu, makna historis dari sampul album ini tidak dapat dikecilkan. Ini menandai titik balik dalam sejarah musik pop, yang digembar-gemborkan oleh debut Led Zeppelin," ujarnya kepada Rolling Stone.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا جُنَاحَ عَلَيْهِنَّ فِيْٓ اٰبَاۤىِٕهِنَّ وَلَآ اَبْنَاۤىِٕهِنَّ وَلَآ اِخْوَانِهِنَّ وَلَآ اَبْنَاۤءِ اِخْوَانِهِنَّ وَلَآ اَبْنَاۤءِ اَخَوٰتِهِنَّ وَلَا نِسَاۤىِٕهِنَّ وَلَا مَا مَلَكَتْ اَيْمَانُهُنَّۚ وَاتَّقِيْنَ اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدًا
Tidak ada dosa atas istri-istri Nabi (untuk berjumpa tanpa tabir) dengan bapak-bapak mereka, anak laki-laki mereka, saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara laki-laki mereka, anak laki-laki dari saudara perempuan mereka, perempuan-perempuan mereka (yang beriman) dan hamba sahaya yang mereka miliki, dan bertakwalah kamu (istri-istri Nabi) kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu.

(QS. Al-Ahzab ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement