Rabu 20 May 2020 10:35 WIB

Presiden Jokowi Lantik Marsekal Fadjar Prasetyo Jadi KSAU

Marsekal Fadjar Prasetyo merupakan KSAU ke-23 menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
Foto: Puspen TNI
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo melantik Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna. Presiden Jokowi juga menaikkan pangkat Fadjar Prasetyo satu tingkat, dari Marsekal Madya (Marsdya) menjadi Marsekal.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Fadjar mengikuti sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (20/5).

Baik Fadjar maupun Presiden Jokowi mengenakan masker, namun saat membimbing pengucapan sumpah, Presiden membuka masker tersebut. "Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," tambah Fadjar.

Fadjar dilantik menjadi KSAL bersama dengan Laksamana Yudo Margono yang dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL).