Selasa 02 Jun 2020 18:00 WIB

Demo Berlanjut, Trump Ancam Kerahkan Militer

Donald Trump ancam akan kerahkan militer untuk hentikan demo George Floyd

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Presiden AS Donald Trump di depan Gereja St John. Donald Trump ancam akan kerahkan militer untuk hentikan demo George Floyd.
Foto: Al Jazeera
Presiden AS Donald Trump di depan Gereja St John. Donald Trump ancam akan kerahkan militer untuk hentikan demo George Floyd.

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersumpah mengerahkan militer AS untuk menghentikan demonstrasi atas kematian seorang pria kulit hitam Afrika-Amerika di tangan polisi Minneapolis. Petugas penegak hukum di berbagai kota di seluruh negara bagian AS sebelumnya menembakkan peluru karet dan gas air mata ke para demonstran. Kerusuhan pun tak terhindarkan.

"Wali kota dan gubernur harus membangun kehadiran penegakan hukum yang luar biasa sampai kekerasan diatasi," ujar Trump di Taman Mawar Gedung Putih dikutip kantor berita Reuters, Selasa.

Baca Juga

"Jika sebuah kota atau negara menolak untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kehidupan dan properti penduduk mereka, maka saya akan mengerahkan militer AS dan dengan cepat menyelesaikan masalah bagi mereka," ujarnya menambahkan.

Setelah pidatonya, Trump berjalan dari Gedung Putih melalui area yang telah disterilkan untuknya ke Gereja Episkopal St. John. Di sana, ia memegang sebuah Alkitab dan berpose untuk berfoto bersama putrinya, Ivanka, dan Jaksa Agung AS William Barr.