Kamis 25 Jun 2020 04:45 WIB

Perjalanan Mualaf Prancis Sheikh Abdul Wahid Menemukan Islam

Keputusannya masuk Islam disebut merupakan hasil dari pencariannya sendiri.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Perjalanan Mualaf Prancis Sheikh Abdul Wahid Menemukan Islam. Rene Guenon atau dikenal pula dengan Sheikh Abdul Wahid Yahya adalah seorang sarjana, penulis, filsuf dan tokoh spiritual Prancis yang terkenal. Ia masuk Islam pada 1912.
Foto:

Pada 1937, Rene Guenon menikahi Karima Bint Abdur Rahman, yang memberikan semacam penghiburan dan kenyamanan baginya. Dia mendedikasikan sisa hidupnya untuk tujuan Islam dan Muslim.

Patut dicatat, melalui tulisan dan kontak personal, sejumlah besar sarjana Eropa lantas memeluk Islam. Di antara murid-muridnya yang masuk Islam adalah Syekh Isa Nuruddin, sebelumnya bernama Frithjof Schuon dan lahir pada 1907.

Dia adalah profesor filsafat yang terkenal dan dianggap sebagai seseorang yang ahli dalam studi perbandingan agama. Dia juga telah menulis sejumlah buku.

Buku-buku berikut telah memberikan ketenaran baginya: Islam and the Perennial Philosophy, Understanding Islam, Dimensions of Islam, in the Tracks of Buddhism, Spiritual Perspectives of the Self, Genosis: Divine Wisdom, Stations of Wisdom, In the Face of Absolute, Survey of Metaphysics and Esotericism, To Have a Center, Christianity: Islam.

Kemudian muncul juga nama tokoh spiritual besar Abu Bakar Sirajuddin, sebelumnya dikenal Martin Lings. Ia menguasai bahasa Inggris dan Arab dan dianggap sebagai spesialis kebatinan atau tasawuf.

Dia tidak hanya seorang sarjana agama tetapi juga seorang penyair dan penerjemah bereputasi. Tulisannya meliputi Muhammad: His Life Based on the Earliest Sources; The Qur'an; Catalogue of an Exhibition of Qur'an Manuscripts at the British Library; The Qur'anic Art of Calligraphy and Illuminations; What is Sufism? A Sufi Saint of the Twentieth Century; The Secret of Shakespeare.

Dalam mengomentari kehidupan Nabi Muhammad, Prof. Hamid Dabashi dari Temple University menulis, saat membaca Lings and Muhammad, saya mendeteksi efek alkimia dalam narasi dan komposisinya. Ia menggabungkan akurasi keilmuan dengan hasrat puitis.

Lings adalah seorang penyair cendekiawan. Buku 'Kehidupannya sebagai Nabi' adalah sebuah biografi 'qasida' "puisi". Buku ini dianugerahi hadiah pertama 5.000 dolar AS  oleh Konferensi Internasional Seerat ke-8 yang diadakan di Islamabad.

Buku ini diputuskan sebagai karya terbaik dalam bahasa Inggris untuk biografi Nabi Muhammad SAW diterbitkan pada 1983. Selain para cendekiawan yang disebutkan di atas, ada banyak kepribadian lain yang masuk Islam dengan persuasi dan bimbingan Rene Guenon. Semasa hidupnya, Rene Guenon sibuk dalam penyebaran dan pemberitaan Islam di Eropa dan Amerika.

Rene Guenon menghembuskan nafas terakhir pada 7 Januari 1951 pada usia 65 tahun. Kematiannya diratapi oleh Muslim seluruh dunia.

Dia telah mengabdikan hidupnya untuk Islam. Dia telah menulis banyak artikel dan banyak buku. East and West; Reign of Quantity; The Crisis of the Modern World; Symbolism of the Cross, and The Multiple States of Being adalah tulisan terbaiknya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement