Sabtu 11 Jul 2020 00:10 WIB

PBB kirim 71 truk bantuan kemanusiaan ke Suriah

Bantuan itu akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Kota Idlib dan pedesaan terdekat - Anadolu Agency

Red: Christiyaningsih
PBB kirim 71 truk bantuan kemanusiaan ke Suriah.
PBB kirim 71 truk bantuan kemanusiaan ke Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, HATAY - Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada Kamis mengirim 71 truk berisi bantuan kemanusiaan ke Provinsi Idlib, barat laut Suriah, wilayah di mana jutaan orang sangat membutuhkan uluran tangan.

Truk-truk penuh bantuan kemanusiaan memasuki Suriah melalui gerbang perbatasan Cilvegozu di Provinsi Hatay, selatan Turki, yang berbatasan dengan Provinsi Idlib. Bantuan itu akan didistribusikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Kota Idlib dan pedesaan sekitarnya.

Baca Juga

PBB telah mengirimkan ribuan truk berisi bantuan kemanusiaan ke Idlib selama perang saudara di negara itu. Suriah dilanda perang saudara sejak awal 2011 ketika rezim Assad menindak demonstran pro-demokrasi dengan kejam.

Ratusan ribu orang terbunuh dan lebih dari 10 juta orang terlantar, menurut laporan PBB. Idlib berada dalam zona de-eskalasi, menurut kesepakatan antara Turki dan Rusia pada akhir 2018.

Pada September 2018, Turki dan Rusia sepakat mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi dengan larangan tegas pada segala tindakan agresi. Namun, rezim Assad dan pasukan Rusia di zona itu terus melanggar gencatan senjata dan menyebabkan lebih dari 1.300 warga sipil tewas.

Saat ini Idlib merupakan tempat bagi empat juta warga Suriah, termasuk ratusan ribu orang terlantar dalam beberapa tahun terakhir akibat serangan pasukan rezim.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَهَاجَرُوْا وَجَاهَدُوْا بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَالَّذِيْنَ اٰوَوْا وَّنَصَرُوْٓا اُولٰۤىِٕكَ بَعْضُهُمْ اَوْلِيَاۤءُ بَعْضٍۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَلَمْ يُهَاجِرُوْا مَا لَكُمْ مِّنْ وَّلَايَتِهِمْ مِّنْ شَيْءٍ حَتّٰى يُهَاجِرُوْاۚ وَاِنِ اسْتَنْصَرُوْكُمْ فِى الدِّيْنِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ اِلَّا عَلٰى قَوْمٍۢ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِّيْثَاقٌۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada Muhajirin), mereka itu satu sama lain saling melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun bagimu melindungi mereka, sampai mereka berhijrah. (Tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah terikat perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Al-Anfal ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement