Jumat 14 Aug 2020 15:42 WIB

Relawan Vaksin Mulai Disuntik di 4 Puskesmas di Bandung

Relawan akan dipantau selama 6 bulan ke depan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Dwi Murdaningsih
Vaksin. ilustrasi
Foto: Alexander Zemlianichenko Jr/ Russian Direct
Vaksin. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Sejumlah relawan uji vaksin covid-19 mulai disuntik vaksin di empat puskesmas di Kota Bandung. Empat Puskesmas itu adalah Puskesmas Garuda, Puskesmas Cimbeuleit, Puskesmas Sukapakir dan Puskesmas Dago, Jumat (14/8). Selanjutnya para relawan akan dipantau selama 6 bulan ke depan.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan tahapan penyuntikan vaksin kepada relawan dilakukan pada tahap visit 1 (V1). Sebelumnya, katanya pada V0, para relawan terlebih dahulu diperiksa kondisi kesehatan termasuk di tes uji usap untuk memastikan apakah yang bersangkutan terpapar covid-19 atau tidak.

Baca Juga

"Di puskesmas Garuda sudah V1, kemarin sudah V0, hari ini (V1) berarti sudah mulai disuntik yang pertama, imunisasi pertama, 20 orang disuntik. 360 orang totalnya yang sudah daftar di sini (Garuda)," ujarnya, Jumat (14/8) saat memantau pelaksanaan uji klinis.

Ia melanjutkan, alur pelaksanaan uji klinis covid-19 di Puskesmas Garuda berlangsung lancar. Menurutnya, para relawan yang sudah datang ke puskesmas terlebih dahulu daftar, di rapid tes dan diperiksa kondisi fisik dilanjutkan dengan penyuntikan atau imunisasi.