Jumat 28 Aug 2020 13:00 WIB

Gunung Bromo Mulai Dibuka, Terapkan Pembatasan Kuota Wisatawan

Pengunjung ke Bromo dibatasi. Bromo mulai dibuka hari ini, Jumat (28/8).

Rep: jatimnow.com/ Red: jatimnow.com
.
.

jatimnow.com - Reaktivasi kawasan wisata alam Bromo - Tengger - Semeru secara bertahap mulai dibuka hari ini, Jumat (28/8/2020).

Pembukaan kembali kawasan wisata ini setelah melalui diskusi virtual dengan pemerintah pusat sampai adanya rekomendasi dan kesepakatan empat kepala daerah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Pasuruan serta Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa pembukaan kembali wisata di TNBTS ini sementara hanya untuk kawasan Gunung Bromo. Sedangkan untuk Gunung Semeru masih belum dibuka kembali.

"Wisata Gunung Bromo dibuka mulai hari ini. Pada prinsipnya reaktivasi kembali kawasan wisata alam Gunung Bromo ini berdasarkan rekomendasi empat kepala daerah serta Balai Besar TNBTS yang sepakat untuk membuka kembali destinasi pariwisatanya dengan mempertimbangan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jika salah satu tidak setuju maka tidak bisa dilaksanakan. Oleh karena itu tanggung jawab menjaga kapasitas wisatawan serta protokol kesehatan harus di monitor oleh semua pihak baik empat pemkab maupun TNBTS," kata Gubernur Khofifah dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (28/8/2020).