Selasa 01 Sep 2020 14:37 WIB

Drone Iran Hasil Jiplak Hingga Jadi Senjata Bisa Tembus Baja

Iran mampu menjiplak drone AS untuk propaganda dan menunjukkan keandalan

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Sebuah drone buatan Iran (ilustrasi)
Foto: presstv
Sebuah drone buatan Iran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran berinvestasi besar pada teknologi pesawat tanpa awak atau drone. Pada Senin (31/8) kemarin media Israel, The Jerusalem Post melaporkan kantor berita Iran, Fars News mempublikasikan laporan tentang pameran drone Kementerian Pertahanan Iran.

Fars mengaku Iran sedang meningkatkan kemampuan mereka untuk menjadi salah satu dari 'lima negara terbaik di dunia dalam bidang drone tempur'. Fars mengatakan Iran sedang memperbaiki ketepatan, kendali dan 'terobosan besar' lainnya drone mereka.

Baca Juga

The Jerusalem Post melaporkan tidak diketahui kapan pameran itu digelar. Tapi Fars News memberikan perhatian yang besar mengenai kemampuan baru senjata-senjata Iran yang kabarnya dapat mengancam Amerika Serikat (AS), Israel, dan sekutu-sekutu mereka di kawasan.

Iran sudah berhasil memamerkan mereka mampu memproduksi massal dan sesuai standar sejumlah seri drone yang cukup sukses seperti seri Ababil, Mohajer dan sekarang Karar dan Fotros. Karar tampaknya semacam rudal kendali atau drone kamikaze (meledak saat mencapai sasaran). Sementara Fotros dirancang untuk menyerupai drone IAI Heron milik Israel. Banyak drone-drone Iran yang menjiplak drone AS.