Ahad 13 Sep 2020 03:20 WIB

Pilih Mana, Disney+, Netflix, Viu, Iflix, atau Amazon Prime?

Berikut perbandingan tarif Disney+, Netflix, Viu, Iflix, dan Amazon Prime.

Red: Reiny Dwinanda
Platform streaming. Ada beberapa pilihan platform streaming yang bisa diakses di Indonesia dengan beragam pilihan biaya berlangganan.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Platform streaming. Ada beberapa pilihan platform streaming yang bisa diakses di Indonesia dengan beragam pilihan biaya berlangganan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Layanan video on demand Disney+ telah hadir di Indonesia dan tengah menjadi perbincangan hangat karena tarif berlangganan yang ditawarkan cukup terjangkau. Selain Disney+, beberapa layanan streaming video sudah hadir di Indonesia sejak beberapa waktu belakangan.

Berikut ini uraian harga dan layanan yang ditawarkan dari tiap layanan video on-demand yang biasa diakses di Indonesia.

Baca Juga

Disney+ Hotstar

Layanan video Disney+ Hotstar baru saja hadir di Indonesia bulan ini, menawarkan tontonan film lokal dan mancanegara melalui berbagai perangkat. Pengguna bisa log in ke lima perangkat, termasuk ponsel, tablet, laptop, dan televisi dalam satu akun.

Disney+ Hotstar menawarkan pilihan paket berlangganan bulanan dan tahunan, masing-masing seharga Rp 39 ribu dan Rp 199 ribu, konten dan fitur untuk kedua paket tersebut sama.

Layanan ini menawarkan menonton dua film berbeda di dua perangkat dalam satu akun, serta fitur mengunduh, film akan tersimpan selama 72 jam hingga 30 hari. Disney+ juga memberikan pilihan audio atau teks terjemahan dalam bahasa Indonesia.

Netflix

Platform menonton video ini menawarkan biaya berlangganan berupa Paket Ponsel Rp 54 ribu, Paket Dasar Rp 120 ribu, Paket Standar Rp 153 ribu, dan Paket Premium Rp 186 ribu. Tarif tersebut dibayar setiap bulan.

Paket-paket tersebut memiliki keunggulan masing-masing, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Misalnya, menonton lewat beberapa perangkat, kualitas HD, dan Ultra HD hingga jumlah film yang dapat diunduh.

Netflix terkenal memiliki fitur untuk mengatur film apa saja yang bisa ditonton oleh anak-anak. Film-film yang tidak sesuai dengan usia anak-anak dilengkapi dengan kata kunci agar tidak bisa dibuka.

Viu

Layanan Viu terkenal menawarkan beragam serial maupun film drama asal Korea Selatan, biaya berlangganan dimulai dari Rp 30 ribu. Viu membebaskan penggunanya untuk menonton melalui desktop, laptop, atau peramban di perangkat seluler.

Satu akun Viu bisa digunakan untuk log in di lima perangkat. Pengguna bisa menyaksikan beberapa video secara gratis dan tanpa registrasi di Viu, namun untuk mengakses konten premium, pengguna harus berlangganan.

iflix

Layanan video on demand iflix bisa dinikmati dengan biaya berlangganan mulai dari Rp 39 ribu setiap bulan. iflix bekerja sama dengan beberapa operator seluler untuk memberikan akses gratis untuk menonton dan mengunduh film di platform tersebut.

Platform ini menyajikan berbagai film lokal, Hollywood, maupun Korea. Tersedia berbagai genre, mulai dari drama, komedi hingga film horor di iflix.

Amazon Prime

Layanan Amazon Prime mencakup menonton streaming dan prioritas pengiriman saat berbelanja di e-commerce Amazon.com. Untuk beberapa negara, Amazon Prime sudah mencakup keanggotaan Prime Video senilai 5,99 dolar per bulan, atau setara dengan Rp 89 ribu. Konten yang ditayangkan di platform ini akan berbeda berdasarkan lokasi dan zona waktu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement