Selasa 13 Oct 2020 14:17 WIB

Satgas: Perilaku Taat Protokol Kesehatan Paling Penting

Cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker diyakini mampu menangkal Covid-19.

Red: Budi Raharjo
Warga menggunakan masker berjalan di samping mural bergambar Covid-19.
Foto: ANTARA/Arif Firmansyah
Warga menggunakan masker berjalan di samping mural bergambar Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, menanggapi pernyataan salah satu dokter WHO yang menyebut lockdown tak lagi penting dilakukan. Wiku menyebut, lockdown memang bukan satu-satunya solusi yang tersedia dalam menangani wabah Covid-19.

"Pernyataan tersebut (dokter WHO) memang benar. Namun, perlu digarisbawahi bahwa lockdown bukanlah satu-satunya solusi dari penekanan laju infeksi Covid-19. Begitu pun dengan vaksinasi yang nantinya akan dijalankan pemerintah," kata Wiku ke pada Republika, Senin (12/10).

Wiku menegaskan, berbagai solusi dari pemerintah akan sia-sia jika tak diimbangi upaya masyarakat mengubah perilaku untuk taat pada protokol pencegahan Covid-19. Wiku optimistis perilaku sesuai protokol kesehatan, seperti cuci tangan, jaga jarak, pakai masker mampu menangkal Covid-19.

"Saya selalu menekankan bahwa upaya paling efektif untuk me nyelesaikan pandemi adalah melalui perubahan perilaku untuk membiasakan diri disiplin de ngan protokol kesehatan," ujar Wiku.