Selasa 10 Nov 2020 22:09 WIB

Kemenhub Resmikan Penggunaan Aplikasi 'BKKP Mobile'

BKKP Mobile adalah sebuah Aplikasi yang mempunyai keunggulan untuk pendaftaran MCU.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan Aplikasi Layanan Kesehatan secara elektronik yang diberi nama “BKKP Mobile”.
Foto: Humas Ditjen Hubla
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan Aplikasi Layanan Kesehatan secara elektronik yang diberi nama “BKKP Mobile”.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat, khususnya dengan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya, melalui Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), Direktorat Jenderal Perhubungan Laut meluncurkan Aplikasi Layanan Kesehatan secara elektronik yang diberi nama “BKKP Mobile”.

BKKP Mobile adalah sebuah Aplikasi yang mempunyai keunggulan untuk pendaftaran Medical Check Up (MCU) bagi masyarakat khususnya para  Pelaut dan stakeholder terkait secara online  sehingga pelayanan dan informasi dapat dilakukan cepat dan efektif.

“Penerapan sistim pelayanan kesehatan secara online yang diberi nama “BKKP Moblle” ini adalah  langkah yang tepat, karena dapat mengubah proses layanan kesehatan yang  sebelumnya dilakukan secara manual menjadi pelayanan secara online dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP),” demikian disampaikan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang diwakili Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Hermanta saat meresmikan “Aplikasi BKKP Mobile” secara virtual, dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Selasa (10/11).

Menurut  Hermanta, saat ini, perkembangan sistem Informasi begitu cepat dalam segala aspek kehidupan. Apalagi, di masa pandemi seperti sekarang ini sehingga dampak teknologi informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mengurangi tatap muka dan kerumunan masyarakat termasuk dalam sistem pelayanan kesehatan.

“Dengan diterapkannya pelayanan kesehatan secara online melalui “BKKP Mobile” ini, diharapkan mampu meningkatkan Pelayanan kepada masyarakat khususnya para pelaut yang akan melakukan pendaftaran Medical Check Up (MCU) secara cepat dan efektif yang dapat di lakukan di mana pun berada,” kata Hermanta.

Bagi para pelaut, kata Hermanta, Medical Check Up (MCU) sangat diperlukan. Apalagi dalam masa pandemi covid-19 seperti ini, hampir semua perusahaan pelayaran yang akan merekrut atau mempekerjakan para pelaut di kapal, Medical Check Up (MCU) sangat dibutuhkan agar dapat mengetahui kondisi kesehatan pelaut yang benar-benar siap untuk bisa bekerja dengan baik sesuai protokol kesehatan.

Lebih jauh Hermanta mengatakan, pemanfaatan Sistem Informasi di bidang kesehatan seperti yang dilakukan oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) diharapkan akan memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat khususnya para pelaut dan stakehoder terkait. Salah satu manfaat tersebut adalah mudahnya informasi yang bisa diperoleh masyarakat, pelaut dan stakeholder terkait layanan yang ada di Klinik Utama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran ini.

Kepala Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), dr Hesti Ekawati dalam laporannya mengatakan bahwa penerapan “Aplikasi BKKP Mobile” merupakan upaya yang dilakukan guna meningkatkan  Pelayanan terhadap masyarakat khususnya bagi para pelaut dan stakeholder,  yang dalam ini adalah peningkatan pelayanan terhadap MCU Pelaut yang cepat dan efektif.

“Melalui Aplikasi BKKP Mobile ini, akan memberikan kemudahan  Informasi kepada masyarakat, pelaut dan stakeholder terkait dalam menerima layanan kesehatan yang ada di Klinik Utama Balai Kesehatan Kerja Pelayaran,” ujar Hesti.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement