Senin 16 Nov 2020 16:51 WIB

Kewirausahaan Sosial Sasar Keluarga PKH Rintis Usaha Baru

Tahun 2021, Mensos bertekad akan memperjuangkan anggaran yang jauh lebih besar.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Budi Raharjo
Menteri Sosial Juliari P Batubara (tengah)
Foto: Antara/Irsan Mulyadi
Menteri Sosial Juliari P Batubara (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial terus memberikan bantuan pemberdayaan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Program Keluarga Harapan (PKH), salah satunya bantuan kewirausahaan. Bantuan ini sengaja diperuntukkan bagi keluarga PKH yang mulai merintis usaha baru.

Menteri Sosial Juliari P Batubara menekankan komitmennya memperkuat pemberdayaan penerima manfaat. Melalui program pemberdayaan sosial, diharapkan penerima bantuan sosial seperti PKH Graduasi, bisa mandiri secara ekonomi. Untuk keperluan itu, Kemensos mengucurkan bantuan kewirausahaan sosial.

“Pada prinsipnya, bantuan untuk usaha kecil itu kan sudah ditangani kementerian tersendiri ya. Oleh karena itu, bantuan program kewirausahaan Kementerian Sosial menyasar taget yang spesifik. Yakni para KPM PKH Graduasi yang memiliki rintisan usaha,” kata Mensos Juliari dalam keterangan pers kepada wartawan, Senin (16/11).

Bantuan kewirausahaan sosial diberikan Kemensos baik dalam mengatasi dampak pandemi, maupun sebagai program reguler. Kebijakan kewirausahaan sosial  ini disampaikan Mensos dalam program Kata Sandi yang ditayangkan salah satu stasiun televisi nasional belum lama ini.