Senin 23 Nov 2020 12:28 WIB

Doni: Kasus Covid-19 di Jakarta Meningkat

Jumlah kasus Covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan yang relatif lebih tinggi

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo
Foto: istimewa
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyampaikan, jumlah kasus Covid di Ibu Kota mengalami kenaikan yang relatif lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Pada dua hari yang lalu, kasus baru di DKI Jakarta tercatat mencapai 1.579 kasus dan pada Ahad (22/11) kemarin sebanyak 1.342.

“Kita harus mampu mengajak seluruh komponen bangsa untuk patuh kepada protokol kesehatan,” kata Doni saat konferensi pers usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).

Doni mengatakan, peningkatan kasus tak hanya terjadi di Ibu Kota, namun juga di beberapa daerah lainnya. Kenaikan kasus baru ini disebabkan karena adanya libur panjang dan juga kegiatan kerumunan massa di sejumlah wilayah, terutama di daerah Bandara Soekarno Hatta, Kelurahan Petamburan, di Slipi, di Tebet Timur, serta di Megamendung Kabupaten Bogor.

Kendati demikian, ia menilai angka peningkatan kasus selama libur panjang kemarin masih dapat dikendalikan dibandingkan saat libur panjang sebelumnya. “Artinya tidak lebih tinggi dibandingkan pada libur panjang bulan Agustus sebelumnya,” tambah dia.

Lebih lanjut, Doni juga menyampaikan, sejumlah rumah sakit di beberapa wilayah seperti di Banten, Jawa Barat, dan juga Jawa Tengah tercatat mengalami peningkatan kapasitas ruang ICU lebih dari 70 persen. Sedangkan di Jakarta, angka keterisian ruang ICU mencapai 69,5 persen.

“Tetapi inipun harus bisa kita upayakan untuk tidak bertambah lagi,” ucap Doni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement