Jumat 27 Nov 2020 17:48 WIB

Riak FPI-Kodam Jaya, MUI Ingatkan Pentingnya Dialog

Ustaz Fahmi juga berharap tidak terjadi kesimpangsiuran informasi.

Red: Fernan Rahadi
Ustaz Fahmi Salim
Foto: Thoudy Badai_Republika
Ustaz Fahmi Salim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ustaz Fahmi Salim (UFS) kembali mengingatkan kepada semua pihak agar segenap bangsa ini fokus menghadapi pandemi dan masalah negeri. Pandangan itu juga sesuai dengan tema Milad 108 Muhammadiyah yaitu "Meneguhkan Gerakan Keagamaan Menghadapi Pandemi dan Masalah Negeri".

Menurut salah satu pengurus PP Muhammadiyah ini, ada kerinduan ummat Islam dengan hadirnya suasana keagamaan yang damai di tengah pandemi ini. Hal itu merespons riak-riak yang sempat menjadi perhatian publik belakangan ini terkait kedatangan Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab.

Ustaz Fahmi meminta tidak perlu ada respons berlebihan mengenai masalah tersebut selain ajakan untuk berdialog dalam kedamaian sebagai sesama anak bangsa. Hal itu juga disampaikan Ustaz Fahmi dalam acara “Ngopi bareng Pangdam Jaya” di Kodam Jaya, Jakarta Timur. 

Pendiri Al-Fahmu Institute ini menyitir satu ayat yang dipandang sangat relevan untuk menyikapi tersebut yang tertuang dalam QS Ali Imran ayat 159. Dia menyampaikan perlunya bagi seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, Polri, TNI dan Ormas keagamaan termasuk ulama dan pendakwah untuk menerapkan prinsip Ali Imran Ayat 159.