Senin 18 Jan 2021 16:23 WIB

Banjir Rendam Sejumlah Desa di Sambas Kalbar

Sebanyak 3.604 jiwa terdampak banjir Sambas, Kalimantan Barat.

Red: Nora Azizah
Sejumlah desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi (Foto: ilustrasi)
Foto: Antara/Arnas Padda
Sejumlah desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Sejumlah desa di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi. Banjir terjadi akibat air pasang dan banjir kiriman.

"Saat kondisi ketinggian air mulai bertambah. Sejak Kamis, 14 Januari 2021 mulai naik dan saat ini mencapai 20 cm masuk rumah warga. Sedangkan di jalan sudah ada yang mencapai 60 cm dan bahkan lebih. Kondisi ini diakibatkan air pasang dan kiriman air dari Bengkayang, bukan intensitas hujan yang tinggi," ujar Kepala Desa Sendoyan, Juliansyah saat dihubungi di Sambas, Senin (18/1).

Baca Juga

Ia menyebutkan, dari data pendataan desa, terdapat 1.040 KK atau 3.604 jiwa terdampak bencana banjir kiriman dari arah hulu tersebut. Sebanyak 16 korban banjir di antaranya adalah ibu hamil yang siap melahirkan.

"Itu menjadi perhatian prioritas kita. Saat ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Kerugian warga belum bisa ditaksir," jelas dia.