Selasa 19 Jan 2021 17:00 WIB

Sisa Benteng Romawi di Aswan Ditemukan

Benteng Romawi di Aswan ditemukan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Sisa Benteng Romawi di Aswan Ditemukan
Foto: Egypttoday
Sisa Benteng Romawi di Aswan Ditemukan

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Reruntuhan atau sisa-sisa keberadaan benteng Romawi ditemukan di Situs Benteng Shiha, Aswan, Mesir. Temuan ini berhasil diungkap oleh tim misi arkeologi Mesir dari Dewan Tertinggi Purbakala.

Di situs Benteng Shiha ini ditemukan sisa-sisa benteng Romawi, termasuk sisa-sisa gereja dari era Koptik awal, serta reruntuhan sebuah kuil dari periode Ptolemeus.

Baca Juga

Dilansir di Egypt Today, Selasa (19/1), dalam benteng tersebut terungkap beberapa elemen arsitektur kuil Ptolemeus, panel batu pasir yang tidak lengkap, gambar model pintu masuk ke kuil, serta seorang pria dalam bentuk kaisar Romawi yang berdiri di samping altar dan dikelilingi oleh dewa.

Tak hanya itu, terdapat pula empat balok batu pasir dengan daun palem terukir di atasnya, gambaran raja Ptolemeus dan prasasti hieratik akhir, serta salah satu kaisar Yunani. Vas dari tanah liat dan bagian lemari dari bata merah yang berasal dari zaman Koptik juga ditemukan.

Kepala Administrasi Pusat Purbakala Hulu Mesir, Mohamed Abdel Badie, mengatakan misi yang tengah berjalan ini telah menyelesaikan pekerjaannya dalam mengungkap sisa-sisa biara dan gereja yang dibangun di atas reruntuhan benteng tersebut.

Misi ini merupakan tindak lanjut yang sebelumnya sempat dilakukan oleh arkeolog Jerman, Hermann Juncker. Kala itu, ia pernah mengungkap sebagian dari yang tersimpan pada periode 1920-1922 M.

Abdel Badie juga mencatat misi tersebut berhasil mengungkapkan perpanjangan sisa-sisa dinding lumpur-bata yang mengelilingi gereja Shiha di sisi barat, dengan lebar mencapai sekitar 2,10 meter.

Di sisi utara gereja terdapat empat ruangan, aula melintang, serta tangga menaiki. Sedangkan untuk sisi selatan, terdapat tungku untuk pembakaran gerabah. Ubin batu ditemukan pada tingkat kedua yang terletak di sisi timur di bawah gereja.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement