Jumat 29 Jan 2021 15:27 WIB

Begini Kata Masyarakat Tentang KPLP di Indonesia

KPLP garda terdepan dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran Indonesia.

Red: Agus Yulianto
KPLP yang berada di bawah komando Ditjen Perhubungan Laut dapat meningkatkan kapasitasnya dalam hal menjaga keamanan pelayaran.
Foto:

Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Raja Oloan Saut Gurning menyatakan, kebanggaannya atas keberadaan KPLP di Indonesia yang telah mencapai usia hampir setengah abad ini. Menurutnya, KPLP telah cukup aktif sebagai garda terdepan dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran.

"Ikut bangga atas keberadaan KPLP selama ini yang telah aktif sebagai garda terdepan mempertahanankan, membantu, menjaga, dan mengawasi keselamatan, keamanan dan proteksi lingkungan perairan laut Indonesia. Kiranya KPLP boleh terus maju, dalam karsa, karya, jiwa korsa, kerja sama dan armadanya untuk kemajuan dan kebanggaan maritim bangsa," ujarnya.

Senada, Ketua DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI/ILFA) Yukki Nugrahawan Hanafi menilai, di usianya yang ke 48 ini KPLP telah berjasa menjaga perairan Indonesia sehingga memberikan rasa aman bagi para pengusaha.

"KPLP ini tentunya sangat berjasa menjaga perairan kita tentunya,(Kinerja KPLP) sudah baik, tapi ke depan membutuhkan dukungan lebih agar pelaku usaha dalam mempergunakan wilayah laut merasa nyaman dan aman melakukan kegiatannya," kata Yuki.

Yuki berharap, KPLP dapat terus berkarya dan menjunjung profesionalisme dalam melaksanakan tugasnya menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran di Tanah Air. Namun dia mengingatkan, tantangan ke depan tentunya akan semakin berat sehingga ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan lagi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement